Menteri Sri Mulyani Kaji Alihkan Anggaran Subsidi ke Bansos

Kamis, 18 Juni 2020 17:07 Reporter : Anggun P. Situmorang
Menteri Sri Mulyani Kaji Alihkan Anggaran Subsidi ke Bansos Menteri Sri Mulyani bersama Tito Karnavian dan Nadiem Makarim. ©Humas Kemenkeu

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah sependapat dengan pandangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengenai perlunya transformasi belanja subsidi menjadi bansos. Meski demikian, hal tersebut harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan gejolak.

"Namun demikian, Pemerintah menyadari bahwa transformasi ini harus dilakukan secara berhati-hati dan bertahap untuk menghindari adanya gejolak sosial dan memastikan transisi yang lebih mulus," ujar Menteri Sri Mulyani dalam rapat paripurna di DPR, Jakarta, Kamis (18/6).

Menteri Sri Mulyani mengatakan, transformasi belanja subsidi menjadi bansos merupakan salah satu upaya yang bisa ditempuh dalam meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran penerimanya. Upaya tersebut agar subsidi tidak disalahgunakan.

"Pemerintah menyadari bahwa mekanisme penyaluran subsidi yang diberikan dalam bentuk komoditas atau subsidi selisih harga rentan untuk salah sasaran karena sifatnya yang bisa dibeli atau dikonsumsi oleh semua orang," jelasnya.

Salah satu program pengubahan subsidi menjadi bansos yang sudah terealisasi adalah diubahnya subsidi raskin menjadi bantuan pangan. Oleh karena itu, pemerintah berencana melanjutkan reformasi ini melalui transformasi subsidi lainnya menjadi bansos.

Baca Selanjutnya: Pemerintah Berencana Integrasikan Subsidi Energi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini