Menteri Sri Mulyani Akui Pertumbuhan Investasi Semester I Turun, Hanya 5 Persen

Senin, 22 Juli 2019 14:41 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menteri Sri Mulyani Akui Pertumbuhan Investasi Semester I Turun, Hanya 5 Persen Sri Mulyani Soal Investasi. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, memprediksi pertumbuhan investasi semester I-2019 bakal berada di kisaran 5 persen. Dirinya berharap laju investasi di semester selanjutnya akan tumbuh lebih baik.

"Semester I (diperkirakan) menurun lagi di 5 jadi kita akan tingkatkan di semester II. Diharapkan momentum naik," katanya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (22/7).

Menteri Sri Mulyani menargetkan investasi di semester II mampu tumbuh di angka 6 persen. "Kalau target kita akan lihat tapi saya harapkan semester II akan lebih baik dari kondisi semester I. Jadi kita bisa berharap bisa meningkat di 6 persen," katanya.

Seperti diketahui, berdasarkan catatan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) investasi pada kuartal pertama 2019 atau periode Januari-Maret, realisasi investasi tercatat mencapai Rp195,1 triliun atau naik 5,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu alias year on year (yoy).

Di mana realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) tercatat sebesar Rp87,2 triliun. Realisasi tersebut naik 14,1 persen dari sebelumnya Rp76,4 triliun pada kuartal I-2018.

Sementara, realisasi penanaman modal asing (PMA) mencapai Rp107,9 triliun. Realisasi investasi asing kuartal I-2019 turun 0,9 persen dari periode sama tahun lalu yang sebesar Rp108,9 triliun.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini