Menteri Sofyan yakin harga beras tak jadi penghalang deflasi

Senin, 2 Maret 2015 21:46 Reporter : Sri Wiyanti
Menteri Sofyan yakin harga beras tak jadi penghalang deflasi stok beras. Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan terjadi deflasi di bulan Februari sebesar 0,36 persen. Angka ini merupakan tertinggi kedua dalam 50 terakhir.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil mengatakan, pemerintah akan berupaya menjangkau target inflasi sejalan dengan target yang telah ditetapkan Bank Indonesia (BI) yakni 4 plus minus 1 persen.

"Ya tentu kita akan melakukan apa saja supaya inflasi itu terkontrol dan sesuai dengan target. Alhamdulillah selama 2 bulan ini deflasi," kata Sofyan di kantor wapres, Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (2/3).

Sofyan optimis, bulan ini kembali terjadi deflasi. Persoalan harga beras yang menjadi sandungan di bulan Februari diyakini tidak akan kembali terjadi bulan ini karena panen raya.

"Bulan depan kita akan jalan terus, apalagi tidak ada masalah lagi di beras bulan ini karena beras itu kan sudah mulai panen," ucap Sofyan.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan Februari 2015 terjadi deflasi 0,36 persen. Ini melanjutkan tren penurunan harga barang sudah tercetak pada bulan sebelumnya.

Dengan demikian, deflasi tahun kalender (Januari-Februari) sebesar 0,61 persen.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadiwibowo menilai seharusnya deflasi Februari bisa lebih tinggi. Namun, tertahan oleh harga beras terus naik dan menyumbang inflasi sebesar 0,11 persen.

Selain itu, ada juga penaikan tarif listrik, tarif angkutan udara, sewa rumah, dan harga emas. Namun, sumbangan inflasi lebih kecil ketimbang beras.

"Inflasi listrik 0,05 persen, Angkutan udara 0,04 persen, Sewa rumah dan emas juga mengalami inflasi sebesar 0,02 persen," katanya. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini