Menteri Sofyan Target Pembahasan RUU Pertanahan Selesai Pertengahan 2020

Selasa, 19 November 2019 16:15 Reporter : Sania Mashabi
Menteri Sofyan Target Pembahasan RUU Pertanahan Selesai Pertengahan 2020 Sofyan Djalil. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil menyebut bahwa pemerintah dan DPR sudah sepakat untuk membahas Rancangan Undang-undang (RUU) Pertanahan pada awal 2020. Dia berharap pembahasan itu akan selesai pertengahan tahun 2020.

"Mudah-mudahan dalam enam bulan pertama tahun 2020 beres," kata Sofyan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/11).

Sofyan menjelaskan, RUU tersebut tidak akan dibahas lagi dari dari awal karena masuk dalam RUU yang di carry over. Namun, semua itu tergantung kesepakatan dengan DPR.

"Tapi sangat tergantung anggota DPR sebagian besar anggota DPR baru kan. Nanti kita akan lihat dinamikanya. Tapi sebenarnya substansi-subtansi yang sudah disepakati dan tidak kontroversial saya pikir engga ada masalah," ungkapnya.

Dia mengatakan sudah tidak ada lagi pasal-pasal kontroversial dalam RUU tersebut. Tetapi DPR san pemerintah akan tetap membuka ruang diskusi dengan masyarakat yang beberapa waktu lalu sempat mengkritisi pasal-pasal salam RUU tersebut.

"Cuma kan yang kontroversial itu kita akan bicarakan. LSM keberatan, apa masalah mereka keberatan, kita diskusi, akan ada dengar pendapat lagi," ucapnya.

1 dari 1 halaman

Sepakat Bahas RUU Pertanahan

Sebelumnya, Komisi II DPR dengan pemerintah sepakat untuk kembali membahas Rancangan Undang-undang (RUU) Pertanahan. Pembahasan itu akan dimulai pada Januari 2020.

"Ya dimulai nanti pembentukan panja. Jadi nanti di awal masa sidang berikutnya itu masuk tanggal 10 (Januari) kita sudah membentuk panja-panja termasuk panja RUU yang mau kita selesaikan dalam tahun pertama ini," kata Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/11). [idr]

Baca juga:
DPR Sepakat Bahas RUU Pertanahan Pada Januari 2020
Pemerintah Kembali Bahas RUU Pertanahan Awal 2020
Temui Pendemo, Ridwan Kamil Janji Bawa Tuntutan soal RUU Bermasalah ke Pemerintah
Bamsoet Soal Dua Mahasiswa Kendari Tewas saat Demo: DPR Ikut Bertanggungjawab
RUU Pertanahan Diputuskan Dibahas DPR Periode 2019-2024
Ratusan Mahasiswa se-Banten Tutup Jalan Tolak Sejumlah RUU Kontroversial

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini