Menteri Sofyan Djalil: BPN Juga Kena Tipu soal Kasus Dino Patti Djalal

Kamis, 11 Februari 2021 19:10 Reporter : Merdeka
Menteri Sofyan Djalil: BPN Juga Kena Tipu soal Kasus Dino Patti Djalal Sofyan Djalil. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil mengaku pihaknya turut kena tipu dalam kasus pencurian sertifikat tanah milik ibu dari Dino Patti Djalal.

Sebab, BPN turut berperan dalam perubahan nama pada sertifikat tanah atas nama orang tua dari mantan Wakil Menteri Luar Negeri tersebut.

"Sebenarnya kalau di BPN ini kita juga kena penipuan, karena orang datang dengan KTP-nya seolah-olah KTP orang yang bersangkutan, ya ada fotonya di situ, ada KTP-nya. Padahal itu adalah hasil rekayasa," kata Sofyan Djalil dalam sesi teleconference, Kamis (11/2).

Sofyan menceritakan, mafia tanah dalam kasus ini datang ke kantor BPN dengan membawa sertifikat asli dan KTP milik ibu Dino Patti Djalal.

"Itu sulit sekali (dilacak), karena kebetulan itu bukan KTP elektronik. Makanya kalau KTP elektronik relatif jauh lebih mudah mencegah," ujar dia.

Menurut Sofyan, kasus pencurian sertifikat tanah Dino Patti Djalal ini lantas menyadarkan publik bahwa mafia tanah saat ini masih ramai bergentayangan.

Dia menyatakan, meskipun sudah banyak mafia tanah yang ditangkap, namun penjahat yang tersebut kembali berstatus residivis dan melakukan tindak pidana serupa.

"Oleh sebab itu masyarakat harus berhati-hati jangan memberikan sertifikat karena sertifikat itu adalah surat berharga, kemudian penjahat ini pintar melakukan berbagai upaya," imbuhnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini