Menteri Sandiaga Minta Tambahan Anggaran Rp500 Miliar

Selasa, 15 Juni 2021 17:45 Reporter : Anisyah Al Faqir
Menteri Sandiaga Minta Tambahan Anggaran Rp500 Miliar Sandiaga Uno. Instagram/@sandiuno ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajukan angka tambahan pagu indikatif tahun anggaran 2022 sebesar Rp500 miliar. Penambahan anggaran tersebut akan digunakan untuk mempercepat pemulihan ekonomi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Dalam rangka mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Kemenparekraf/Baparekraf memerlukan penambahan alokasi anggaran sebesar Rp 500 miliar," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno di Jakarta, Selasa (15/6).

Sebelumnya, Rancangan APBN Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2022 sebesar Rp3,8 triliu. Dengan adanya usulan tambahan ini akan membuat pagu indikatif menjadi sebesar Rp4,3 triliun.

Sandiaga menjelaskan, penambahan anggaran ini diperuntukkan bagi program kepariwisataan dan ekonomi kreatif dari Rp1,7 triliun menjadi Rp2,2 triliun. Bila usulan penambahan tersebut disetujui DPR, maka anggaran tambahan akan digunakan untuk program pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Apabila usulan penambahan anggaran tersebut disetujui, akan kami pergunakan untuk mendukung program-program yang difokuskan untuk pemulihan sektor parekraf," kata dia.

Adapun program-program tersebut yakni penguatan produk ekonomi kreatif, peningkatan kapasitas pelaku ekonomi kreatif, event daerah, dan desa wisata. Penambahan pagu indikatif ini nantinya akan dialokasikan untuk memperkuat program-program pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki oleh empat kedeputian di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf.

Baca Selanjutnya: Rincian 4 Kedeputian...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini