Menteri Rudiantara Pesan Bukalapak dkk Turut Bantu Naikkan Kelas Pelaku UMKM

Selasa, 8 Oktober 2019 16:35 Reporter : Merdeka
Menteri Rudiantara Pesan Bukalapak dkk Turut Bantu Naikkan Kelas Pelaku UMKM Rudiantara di kantor Bukalapak. ©Liputan6.com/Bawono Yadika

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengingat pesan miliarder Jack Ma untuk mengembangkan UMKM agar turut serta menikmati pertumbuhan ekonomi. Kata dia, pemerintah harus mengoptimalkan keterlibatan UMKM dalam negeri di dalam perkembangan ekonomi digital yang kian hari makin pesat.

Adapun hal tersebut dia sampaikan di kantor Bukalapak saat menghadiri kerjasama antara Google Bisnisku dengan Bukalapak siang ini. "Saya ketemu Jack Ma 5 kali. 2 kali ketemu bersama Pak Jokowi, 1 kali bersama Pak Darmin dan 2 kali sendiri. Apa advicenya di economy digital? Jack Ma bilang kita harus fokus agar melayani UMKM," tuturnya di Jakarta, Selasa (8/10).

"Jack Ma tepat dalam hal ini, kita harus fokus pada warung-warung agar offline ritel ini dilibatkan juga menjadi online ritel," lanjut dia.

Sementara itu, Co-Founder dan President Bukalapak Fajrin Rasyid menuturkan warung-warung atau pedagang kecil memang harus diikutsertakan dalam kemajuan digital. Ini agar pertumbuhan ekonomi juga dirasakan oleh kelas menengah ke bawah.

Adapun program pemberdayaan warung menjadi online ritel sudah diwujudkan Bukalapak dengan menggaet 1.000 mitra UMKM-nya gunakan metode pembayaran QRIS pada Agustus lalu.

"Potensi ekonomi digital kita salah satu yang terbesar di dunia. Jangan sampai revolusi industri memberikan efek negatif terhadap masyarakatnya. UMKM harus menikmati ini," kata dia.

"Jadi bagaimana kita menggunakan teknologi untuk menolong temen-temen UMKM. Karena 70 persen offline ritel ini terjadi di warung-warung tradisional," tambah dia.

Reporter: Bawono Yadika Tulus

Sumber: Liputan6 [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini