Menteri Rini sudah serahkan nama calon dirut Pertamina ke Jokowi

Jumat, 25 Mei 2018 15:13 Reporter : Merdeka
Menteri Rini sudah serahkan nama calon dirut Pertamina ke Jokowi Rini Soemarno. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri BUMN, Rini Soemarno telah mengusulkan beberapa nama kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) selaku Ketua Tim Penilai Akhir (TPA) mengenai calon Dirut Pertamina definitif.

"Tunggu Presiden, semua sudah dilaporkan Bu Menteri. Jadi hari ini ga ada apa-apa," ujar Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno di Kementerian BUMN, Jumat (25/5).

Menurut Harry, sosok Dirut Pertamina harus memiliki integritas yang tinggi dan mempunyai banyak pertimbangan dalam setiap pengambilan kebijakan. Pertamina, saat ini bertanggung jawab pada dua regulator yaitu Kementerian BUMN dan Kementerian ESDM.

"Jangan sampai buat kebijakan naikkan harga tapi tidak ada pertimbangan dari Dewan Komisaris, Kementerian BUMN dan Kementerian ESDM," tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah mencopot Elia Masa Manik dari jabatan Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero). Saat ini kepemimpinan sementara (Plt) di Pertamina dijabat oleh Nicke Widyawati.

Di hadapan para generasi milenial di De Tjolomadoe, Rini mengatakan pergantian Dirut tersebut demi terus meningkatkan peran Pertamina kepada masyarakat, terutama dalam menjaga pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang masih bersubsidi.

Kalau pemerintah sudah katakan barangnya (Solar, Premium dan Elpiji) harus tersedia, Pertamina harus melakukan karena Pertamina milik negara, milik bangsa. Maka itu saya lakukan perubahan. Saya harap Bu Nicke ini bisa lakukan fungsinya dan bagusnya lagi dia perempuan," kata Rini di De Tjolomadoe.

Rini mengaku, meski Pertamina memiliki produk-produk BBM nonsubsidi seperti Pertalite dan Pertamax, masih banyak masyarakat yang membutuhkan Premium, Solar, dan Elpiji. Untuk itu kestabilan pasokan harus benar-benar dijaga.

"Kita ini mengelola BUMN salah satu fungsinya untuk kepentingan masyarakat Indonesia," tambah Rini.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Pertamina
  2. BUMN
  3. Jokowi
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini