Menteri Rini Minta Reklamasi di Pelabuhan Benoa Utamakan Kelestarian Alam

Selasa, 10 September 2019 15:31 Reporter : Moh. Kadafi
Menteri Rini Minta Reklamasi di Pelabuhan Benoa Utamakan Kelestarian Alam Menteri Rini Soemarno Tinjau Reklamasi Pelabuhan Benoa. ©2019 Merdeka.com/Moh Kadafi

Merdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meninjau langsung reklamasi di kawasan Pelabuhan Benoa, di Denpasar, Bali. Dalam kunjungannya, dia mengingatkan pembangunan di kawasan Pelabuhan Benoa harus menjaga kelestarian alam dan juga kepentingan masyarakat setempat.

"Saya memang melihat, kan ini harus juga menjaga kelestarian alam, menjaga kepentingan masyarakat setempat. tadi ada pendalaman dahulu, kemudian ada mangrove yang harus diperbaiki sehingga harus ada penanaman ulang," kata Rini di Bali, Selasa (10/9).

Dia juga sudah mendengar langsung dari masyarakat setempat terkait pembangunan di kawasan Pelabuhan Benoa permintaan untuk menjaga kelestarian alam. "Lebih layak, lebih baik sehingga masyarakat juga merasa nyaman karena dengan pembangunan kita tetap harus menjaga adat istiadat dan kebudayaan kita jaga," imbuhnya.

Rini mengapresiasi PT Pelindo III yang sudah melakukan pembangunan reklamasi dengan cara yang baik dan bisa menjaga kelestarian alam. Dia mengklaim, dengan adanya pembangunan kawasan Pelabuhan Benoa, para nelayan akan lebih mudah untuk melaut, tidak sesulit dahulu karena sudah dibuatkan kanal.

"Sehingga (ikut) menjaga bahwa budaya adat dan istiadat setempat tidak hilang. Malah kalau bisa tetap dipertahankan, malah dikembangkan sehingga anak-anak muda tetap harus ingat bahwa budaya dari turun temurun itu harus dijaga dan dilestarikan," katanya.

Selain itu, Pelabuhan Benoa ditujukan untuk pembangunan pariwisata yang akan mendatangkan para wisatawan mancanegara lewat kapal Cruise. "Sekarang sudah menjadi bagian yang tidak terlepas dalam program wisatawan dunia dan ini juga kita harapkan bisa membantu meningkatkan pariwisata di Bali," tandasnya.

Di lain hal, Menteri Rini berjanji akan menggenjot program vokasi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam negeri.

"Oh banyak, kita banyak program-program SMK. Terutama untuk pembangunan industri. Kita membangun industri perkeretaapian di Banyuwangi (Jawa Timur) kita membina SMK di sana. Sehingga para murid-murid SMK daerah sana bisa bekerja di industri," kata Menteri Rini.

Menteri Rini juga menjelaskan, selain program tersebut. Nantinya juga akan meningkatkan program vokasi yang menjadi salah satu program Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Di mana pun kita akan terus meningkatkan program vokasi karena itu adalah salah satu program Bapak Presiden yang kita dukung sepenuhnya," ujar Menteri Rini. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini