Menteri Rini dorong UKM binaan BUMN optimalkan area istirahat tol

Rabu, 11 Juli 2018 15:13 Reporter : Dwi Aditya Putra
Rini Soemarno tinjau UMKM. ©2018 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, mendorong peran perusahaan pelat merah dalam memaksimalkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar jalan tol. Salah satu caranya adalah dengan menempatkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekitar rest area jalan tol.

"Kementerian BUMN itu harus lebih aktif meminta BUMN BUMN lain yang mempunyai apa kemampuan untuk membina UMKM dan mengembangkan UMKM itu ikut membantu untuk memanage UMKM yang akan ada di rest area," ujarnya disela-sela meninjau UMKM di rest area 207 A Tol Palikanci, Jawa Barat, Rabu (11/07).

Oleh karena itu, dirinya pun meminta keterlibatan seluruh BUMN terutama pada sektor perbankan agar terus mendorong pertumbuhan UMKM. Hal itu dilakukan mengingat kontribusi UMKM sendiri begitu besar pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Jadi ini sebentar lagi keliatannya saya mau menyiapkan bersama dengan perbankan. Karena kan BUMN ini juga punya yang namanya rumah kreatif BUMN. Kemungkinan ini yang akan kita aktifkan untuk membantu Jasamarga dan Waskita dalam mengelola areanya UMKM," jelasnya.

"Karena itu dari sisi perbankan juga perlu membantu dengan mungkin mendapatkan kredit usaha rakyat dan hal hal lain. Jadi ini kita sadari bahwa memang ini perlu. Ada satu wadah yang melakukan pembinaan dan memang UMKM-UMKM di rest area untuk benar-benar dimanfaatkan oleh mereka yang usaha mikro kecil," tambahnya.

Dengan demikian, melalui keterlibatan dari BUMN, Menteri Rini berharap agar para pelaku usaha kecil ini dapat berkembang menjadi pelaku usaha menengah. "Nah kalau ternyata mereka sudah menjadi semakin baik sudah menjadi menengah, mungkin mereka kita akan pindahkan ke area yang menengah dan ini nanti kita kasih lagi ke UMKM," tandasnya.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini