Menteri Rini: BUMN saat ini tak lagi seperti kantor pos

Selasa, 18 April 2017 11:26 Reporter : Idris Rusadi Putra
Menteri Rini: BUMN saat ini tak lagi seperti kantor pos Menteri Rini Soemarno di Karimun Jawa. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno kembali memuji kinerja Kementerian BUMN yang dinilanya sudah jauh lebih baik dibanding 3 tahun lalu. Rini menyebut, Kementerian BUMN tak lagi seperti kantor pos yang hanya menerima dokumen dari perusahaan pelat merah.

Hal ini diungkapkan Rini saat merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kementerian BUMN yang ke-19 di Kementerian BUMN, Jakarta.

"Saya terima kasih kepada semua eselon, terutama Eselon 1 yang dulunya kementerian ini lebih banyak seperti kantor pos, dapat dokumen dari BUMN lain untuk dapat izin udah sekian," katanya di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (18/4/2017).

Menurutnya, Kementerian BUMN di masa mendatang harus bisa menjadi pembina, pengawas, dan fasilitator terhadap perusahaan-perusahaan negara agar kinerjanya semakin membaik. Tak hanya itu, Kementerian BUMN juga harus mampu mendorong dan menyukseskan program-program pemerintah.

"Biarpun kita terlepas dari kementerian teknis, kita harus ingat bahwa fungsi kita harus menyukseskan program pemerintah, dan juga partner kementerian teknis untuk menyukseskan program mereka," imbuh dia.

Rini mencontohkan, beberapa waktu lalu Kementerian BUMN bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk melaksanakan program redistribusi aset. Program tersebut dibentuk untuk mendorong perekonomian di daerah serta mendorong masyarakat mendapatkan hak kelola lahan.

"Ada juga program dengan Kemendes bagaimana mendorong perekonomian di desa, bekerja sama dengan Bulog dan lainnya. Program satu harga BBM, semen, dan pupuk ke depannya. Dan ini semua tidak terlepas kita mendorong mensukseskan program pemerintah," pungkasnya. [sau]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini