Menteri PUPR: Pandemi Momentum Modernisasi Jalan Tol

Kamis, 29 Juli 2021 18:46 Reporter : Merdeka
Menteri PUPR: Pandemi Momentum Modernisasi Jalan Tol Menteri Basuki Hadimuljono tinjau Tol Cisumdawu. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mendorong, seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk terus meningkatkan tata kelola sistem layanan jalan tol dengan menjadikan masa Pandemi-COVID19 sebagai momentum untuk memperbaiki sistem operasi. Termasuk dengan memanfaatkan teknologi menuju modernisasi Sistem Operasi Jalan Tol (Intelligent Tollroad System).

"Saya berkeyakinan bahwa masa pandemi ini merupakan momentum untuk memperbaiki tata kelola pelayanan publik dan menyehatkan perusahaan operator jalan tol. Seperti yang sudah terjadi pada sistem pelayanan kesehatan yang terus ditingkatkan dengan adanya pandemi," kata Menteri Basuki dalam Webinar bertajuk Promoting the Intelligent Toll Road System in Indonesia, Kamis (29/7).

Ditambahkan Menteri Basuki, dengan semakin banyaknya ruas tol yang beroperasi, tantangan yang muncul adalah manajemen lalu lintas jalan tol yang semakin kompleks. Sehingga pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kinerja operasi jalan tol jadi kebutuhan.

Tercatat hingga akhir 2020 lalu, telah dioperasikan 2.346 km jalan tol oleh 40 BUJT yang meliputi 60 ruas di seluruh Indonesia.

"Tantangan manajemen lalu lintas jalan tol tidak hanya untuk kebutuhan mengelola 1,3 miliar transaksi di tahun 2020 dengan nilai Rp 22 Triliun, tetapi juga termasuk tata kelola pengoperasian lalu lintasnya untuk menekan fatalitas kecelakaan yang ada," imbuhnya.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini