Menteri Jonan Minta 6.500 SPBU Pertamina Gunakan Pembangkit Surya

Senin, 10 Desember 2018 16:38 Reporter : Merdeka
Menteri Jonan Minta 6.500 SPBU Pertamina Gunakan Pembangkit Surya Pengisian Mobil Listrik di SPBU. ©Liputan6.com/Pebrianto Eko Wicaksono

Merdeka.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, meminta 6.500 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Hal ini sebagai bentuk upaya mendorong pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Menteri ‎Jonan mengatakan, Pertamina bisa mendukung penggunaan energi ramah lingkungan dengan pemanfaatan energi terbarukan sebesar 25 persen dari total kebutuhan listrik tiap SPBUnya.

"Kalau bisa 6.500 SPBU yang pakai logo Pertamina semua menggunakan solar panel, minimal untuk penerangan," kata Menteri Jonan, saat meresmikan Green Energy Station di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak Umum (SPBU) 31.129.02 di Kuningan, Jakarta, Senin (10/12).

Menteri Jonan pun membahas fasilitas pengisian kendaraan listrik yang baru diluncurkan Pertamina, dengan konsep Green Energy.‎ "Saya ucapkan selamat ada inisiatif baru dari Pertamina untuk menerapkan energi baru terbarukan di kegiatan usaha Pertamina," ujar Menteri Jonan dalam sambutannya.

‎‎Menurut Menteri Jonan, kehadiran mobil listrik yang beremisi rendah ini, akan menciptakan persaingan dengan tipe konvensional yang berbahan bakar minyak. Kondisi ini perlu diantisipasi dengan menyediakan fasilitas pengisian energi mobil listrik.

"Mobil listrik nantinya agar dibuat bersaing dengan combustion engine. Mobil listrik bukan hanya masa depan bangsa tetapi masa depan dunia, energi yang lebih ramah lingkungan," tegasnya.

Menteri Jonan berpesan, dalam implementasinya ke depan, Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang disediakan Pertamina di SPBU adalah SPLU yang efisien dan cepat saat mengisi baterai kendaraan listrik. "SPLU-nya (nanti) agar dicari yang fast charging-nya kurang dari 10 menit, jadi orang tidak terlalu lama menunggu," ungkap Menteri Jonan.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6 [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini