Menteri Erick: Program Makmur ke Depan Untuk Peternak dan Nelayan

Kamis, 13 Januari 2022 09:38 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menteri Erick: Program Makmur ke Depan Untuk Peternak dan Nelayan Erick Thohir di konferensi pers CXO Media. ©2022 Liputan6.com/Tira Santira

Merdeka.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus mendorong BUMN untuk mempercepat realisasi program makmur. Program makmur sendiri merupakan bentuk pengawalan dan pendampingan intensif kepada petani dan budidaya pertanian yang didukung teknologi.

Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan, program makmur menjadi bukti penguatan ekosistem yang mampu meningkatkan kesejahteraan para petani. Dia tak menutup kemungkinan memperluas program makmur untuk para peternak dan nelayan ke depan.

"Program ini perubahan menyeluruh karena ada pembiayaan dan penggabungan petani dan RNI dan pihak swasta jadi off taker hasil rekan petani. Ke depannya untuk peternakan dan nelayan tapi bertahap di pertanian dulu," kata Menteri Erick dalam launching BUMN Pangan, di Jakarta ditulis Kamis (13/1).

Untuk membantu mensukseskan program makmur tersebut, Mantan Bos Inter Milan itu meminta agar PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan sinergi dengan BUMN Holding Pangan, Holding Pupuk, PTPN, BRI dan Asuransi Jasindo.

2 dari 2 halaman

Dukungan Askrindo

rev1

Direktur Utama Askrindo, Priyastomo sendiri meyakini, terjalinnya sinergi BUMN pada program makmur menjadi bukti pemerintah memberikan ekosistem lengkap yang bertujuan meningkatkan produktivitas hingga penghasilan petani dengan tujuan kesejahteraan petani.

"Askrindo berperan memberikan penjaminan kepada perbankan yang memberikan penyaluran kredit kepada para petani dalam Program Makmur. Beberapa sektor pertanian yang masuk kedalam program makmur yakni pertanian padi, jagung, dan tebu,” jelas Priyastomo.

Di tahun sebelumnya, Askrindo telah melakukan sinergi BUMN dengan PTPN dan RNI dalam hal Pendanaan UMK (PUMK). Sebagai informasi Askrindo menyalurkan Rp11 miliar kepada petani tebu melalui PTPN dan menyalurkan Rp5 miliar kepada petani tebu melalui RNI.

Baca juga:
Target Holding BUMN Pangan ID FOOD dari Menteri Erick Thohir
Menteri Erick: Tanpa Inovasi, Jangan Kaget Indonesia Kalah dari Rwanda
Menteri Erick Blak-blakan Tentang Tekanan pada Ekonomi Indonesia Saat ini
Holding BUMN Pangan Resmi Diluncurkan, ini Sederet Manfaat untuk Ekonomi RI
BUMN Holding Pangan Resmi Terbentuk, Generasi Muda BUMN Diminta Ciptakan Inovasi
PTPN II Kebut Pembayaran Santunan Hari Tua ke Pensiunan, Tahun Lalu Capai Rp145 M
Erick Thohir Bakal Bentuk Subholding PLN untuk Kepentingan Pembangkit Listrik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini