Menteri Edhy Janji Tak Ganti Penjabat Eselon I Era Susi Pudjiastuti

Rabu, 4 Desember 2019 13:43 Reporter : Anisyah Al Faqir
Menteri Edhy Janji Tak Ganti Penjabat Eselon I Era Susi Pudjiastuti Menteri Edhy Prabowo di Rakornas KKP 2019. ©2019 Merdeka.com/Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo memastikan tidak akan ada pergantian jabatan eselon I di tubuh kementerian yang dipimpinnya. Hal itu disampaikan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Kementerian Kelautan dan Perikanan di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (4/12).

"Para Dirjen saya komitmen tidak akan ada pergantian kecuali mengisi jabatan kosong," kata Edhy.

Dia menyebut, para pejabat eselon 1 adalah orang-orang terbaik yang bisa berada di jabatannya. Untuk itu, dia ingin selalu bersama warga KKP dalam mencapai tujuan yang diamanatkan Presiden Jokowi.

Keputusan ini mendapat dukungan penuh dari Ketua Komisi IV DPR Sudin yang memintanya untuk segera mengisi jabatan kosong tersebut. Sejak masih dipimpin Susi Pudjiastuti, ada sekitar 151 jabatan kosong di KKP. Katanya hal itu dilakukan dalam rangka efisiensi.

"(Tapi) satu sisi lagu bilang KKP kerjanya lamban," kata Sudin dalam acara yang sama.

Acara Rakornas ini juga dihadiri sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju. Mereka adalah Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri PUPR Basuki Hadi dan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

1 dari 1 halaman

Pemangkasan Eselon I Kementerian BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) terkait pemberhentian eselon I Kementerian BUMN.

Sumber yang juga merupakan pegawai Kementerian BUMN menjelaskan tujuh orang yang menjabat eselon I di Kementerian BUMN sudah mendapatkan posisi baru sebagai dewan direksi di sejumlah perusahaan BUMN.

Imam Apriyanto yang sebelumnya menjabat Sekretaris Kementerian BUMN akan menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PIHC (Pupuk Indonesia Holding Company), Gatot Trihargo yang sebelumnya menjabat Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN akan ditempatkan sebagai Wadirut Perum Bulog.

Wahyu Kuncoro, Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi akan ditempatkan sebagai Wadirut PT Pegadaian (Persero), Hambra Samal, Deputi Infrastruktur Bidang Bisnis Kementerian BUMN akan dialokasikan pada posisi Wadirut PT Pelindo II (Persero), Edwin Hidayat Abdullah, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata akan ditempatkan sebagai Wadirut PT Angkasa Pura II (Persero).

Selanjutnya, Fajar Harry Sampurno, Deputi Bidang Usaha Pertambangan Industri Strategis dan Media akan menjabat Dirut PT Barata Indonesia (Persero), sedangkan Aloysius Kik Ro Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN akan menempati posisi Dirut PT Danareksa (Persero).

Saat ditanyai kekosongan jabatan eselon I akan diisi oleh pilihan Menteri Erick Thohir, dia enggan mendetilkannya. "Saya belum tahu. Tetapi yang pasti ada Wakil Menteri BUMN akan meng-handle semua tugas pada eselon I," ungkapnya. [azz]

Baca juga:
Kontroversi Usulan Jokowi Ganti Eselon dengan Robot, Ini Untung Ruginya
Pemangkasan Eselon di Seluruh Instansi Ditargetkan Paling Lambat 1 Tahun
Menteri PANRB: Pemangkasan Eselon Bukan Angkat Robot Tapi Ganti Sistem
Pemangkasan Eselon Tak Bisa Dilakukan Serentak di Seluruh Kementerian Lembaga
Jokowi Soal Ganti Eselon dengan Robot: Kita Butuh Kecepatan Bekerja
Pejabat Eselon III dan IV Terdampak Perampingan Tetap Miliki Jenjang Karir

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini