Menteri Basuki Ungkap Wajah Baru Kawasan Borobudur Didesain Langsung Presiden Jokowi

Jumat, 13 November 2020 16:36 Reporter : Merdeka
Menteri Basuki Ungkap Wajah Baru Kawasan Borobudur Didesain Langsung Presiden Jokowi Presiden Jokowi hadiri KTT Ke-37 ASEAN di Istana Kepresidenan Bogor. ©Muchlis Jr-Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan pemerintah akan mempercepat revitalisasi Borobudur sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas. Revitalisasi tersebut ditargetkan tuntas pada pertengahan 2021 mendatang.

Menteri Basuki melaporkan, memang ada keterlambatan dalam lelang proyek penataan Borobudur. Namun, dia berkomitmen untuk mengebut pengerjaan proyek di sisa 2 bulan terakhir 2020 ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun turun tangan dalam proses desain kawasan di sekitar candi. Menurut Menteri Basuki, keterlibatan RI 1 tersebut akan mengantarkan Borobudur menjadi kawasan wisata eksklusif.

"Jadi Ini desainnya disentuh langsung oleh bapak Presiden. Kita hantarkan masuk ke Borobudur dengan sentuhan-sentuhan desain ternama warga kita sendiri, untuk bisa mengantarkan Kawasan Borobudur jadi kawasan eksklusif," ujarnya, Jumat (13/11).

Namun, dia menegaskan, Borobudur sebagai kawasan eksklusif bukan berarti jadi tempat wisata hanya untuk orang-orang tertentu saja. Melainkan jadi destinasi yang baik untuk dikunjungi sebagai kawasan wisata dan edukasi.

"Apa yang kami maksudkan di sini, koridor ini disentuh langsung oleh bapak Presiden untuk diperlebar. Supaya kita bisa melihat Borobudur ini jadi lebih jelas," kata Menteri Basuki.

Baca Selanjutnya: Proyek Revitalisasi Tak Hanya di...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini