Menteri Basuki Umumkan Pembangunan Jembatan Holtekamp Telah Rampung

Kamis, 28 Maret 2019 12:12 Reporter : Merdeka
Menteri Basuki Umumkan Pembangunan Jembatan Holtekamp Telah Rampung Jembatan Holtekamp. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengabarkan dirinya beserta tim dari Kementerian PUPR dalam waktu dekat ini akan melakukan pengecekan ke proyek Jembatan Holtekamp di Papua. Dia juga menyampaikan, proyek tersebut kini sudah selesai dan bisa dilalui, baik oleh kendaraan roda dua maupun empat.

"Nanti Minggu (31 Maret) saya mau ke sana. Saya mau ngecek dulu," ujar dia saat ditanyai di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Kendati begitu, dia belum bisa memastikan kapan Jembatan Holtekamp bisa diresmikan untuk dapat beroperasi penuh. Itu lantaran paket pengerjaan pendekat jembatan yang dilakukan pihak pemerintah daerah setempat hingga kini belum rampung. Rencananya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pun akan mengunjungi Jembatan Holtekamp pada awal pekan depan.

"Tapi sudah bisa dilewati. Kan beliau (Jokowi) Senin atau Selasa ke sana. Tapi saya Minggu duluan," ungkap Menteri Basuki.

Jembatan Holtekamp sendiri memiliki panjang 732 meter dan akan menghubungkan Kota Jayapura dan Distrik Muara Tami. Proyek tersebut dikerjakan oleh konsorsium kontraktor PT PP-PT Hutama Karya-PT Nindya Karya dengan biaya pembangunan bentang utama jembatan sebesar Rp 943 miliar.

Keberadaan jembatan ini diharapkan mampu mendorong kegiatan perekonomian di Kota Jayapura dan sekitarnya. Selain itu, kehadirannya pun dipercaya akan memangkas waktu tempuh dari Jayapura menuju Perbatasan Skouw, dari semula 2,5 jam menjadi 60 menit.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini