Menteri Basuki: Tidak Mungkin Robot Bakal Gantikan Manusia

Senin, 11 Februari 2019 12:46 Reporter : Merdeka
Menteri Basuki: Tidak Mungkin Robot Bakal Gantikan Manusia Menteri PUPR bahas robot di 4.0 Expo. ©Liputan6.com/Athika Rahma

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyatakan keyakinannya kehadiran robot tidak akan menggusur tenaga kerja manusia. Hal ini disampaikannya saat membuka Pameran PUPR 4.0 Expo.

Dia pun menekankan, meski Indonesia tengah memasuki dan menjalani revolusi industri 4.0, sumber daya manusia (SDM) dipastikan tidak akan digantikan oleh robot secara holistik di masa depan.

"4.0 ini berhubungan dengan beyond internet, tapi bukan berarti meniadakan SDM, justru dibelakangnya 4.0 ini pasti ada SDM yang lebih handal. Tidak mungkin robot bakal gantiin manusia, wong yang buat robot itu manusia. Jadi harus kita tempatkan pada proporsi yang sebenarnya," jelas dia di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (11/2).

Dia menjelaskan, Pameran PUPR 4.0 merupakan wadah untuk mengevalusi unit organisasi Kementerian PUPR melalui teknologi. "Ini bukan pameran tapi unjuk kinerja masing-masing unit organisasi (unor) yang berhubungan dengan informasi teknologi yang kita pakai sekaligus evaluasi seberapa canggihnya PUPR memanfaatkan fasilitas informasi teknologi yang sudah berkembang pesat," ujarnya.

Pada kesempatan ini, dia berharap keterlibatan pemuda dalam memberikan masukan (input) bagi perkembangan Kementerian PUPR dapat terus didengar.

"Di luar dan organisasi lain banyak sekali, dan sekarang apa yang sudah kita lakukan? Saya harap anak-anak muda bisa evaluasi untuk lebih meningkatkan kredibilitas PUPR. Jadi kita tak hanya vendor pelaksanaa fisik saja tapi intelectual exercises kita terus berjalan," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan di era yang serba teknologi, masyarakat tak perlu khawatir bila pekerjaannya digantikan oleh teknologi. Justru masyarakat harus cepat menyiapkan diri untuk bisa menguasai teknologi.

"Kita perlu menyiapkan diri untuk menguasai teknologi terutama di erat saat ini yaitu era Revolusi Industri 4.0. Tidak perlu takut untuk digantikan oleh robot karena pekerjaan yang bersifat intelligence itu akan tetap dilakukan oleh manusia," ujar Menkominfo.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6 [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini