Menteri Basuki pastikan tol Becakayu baru dibuka usai Lebaran

Senin, 19 Juni 2017 15:14 Reporter : Anggun P. Situmorang
Tol Becakayu. ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono mengatakan Jalan Tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu) baru bisa dilalui setelah Lebaran. Padahal, sebelumnya, tol tersebut rencananya dibuka pada 18 Juni atau sepekan menjelang Lebaran.

"Kita baru lihat hari Minggu, Pak Herry TZ (Kepala Badan Pengatur Jalan Tol/BPJT) baru ngecek fisiknya keliatannya sudah oke. Nanti kita fokuskan," kata Menteri Basuki di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (19/6).

Menurutnya, hal ini dikarenakan masih harus ada proses uji laik fungsi dari jalan tol tersebut. "Nanti operasinya kan harus ada laik fungsi dulu, mungkin habis Lebaran. Seperti Bawen Salatiga, kan sudah siap biar untuk mudik dulu, nanti setelah Lebaran baru dioperasikan," imbuhnya.

Sebelumnya, Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP I Nengah Adi Putra mengatakan, pembukaan ruas jalan tol tersebut untuk mengurai kepadatan di ruas Jalan Kalimalang. Sebab ruas jalan tersebut mengalami penyempitan, serta masih terdapat kerusakan akibat proyek.

"Sebetulnya hanya untuk kendaraan roda empat, tapi jika kondisi di bawah macet parah akan dialihkan ke atas ke jalan tol," kata I Nengah.

Dia mengatakan, ruas tol yang dibuka untuk umum hanya beberapa ratus meter saja yang berada di wilayah Kota Bekasi. Adapun, di wilayah DKI Jakarta mulai dari Jatiwaringin sampai dengan Cawang tidak dibuka.

"Naiknya nanti dari Jatiwaringin, kemudian turunnya di Sumber Artha. Begitu juga sebaliknya ketika arus balik," ujarnya.

[bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.