Menteri Basuki Komitmen Gunakan Kompor Listrik dalam Pembangunan Rumah

Rabu, 31 Maret 2021 19:45 Reporter : Anisyah Al Faqir
Menteri Basuki Komitmen Gunakan Kompor Listrik dalam Pembangunan Rumah Perumahan. istimewa ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadi Muljono optimis program konversi 1 juta kompor gas LPG ke kompor induksi yang digagas PLN bisa terealisasi. Sebab, dalam pelaksanaan program tersebut akan melibatkan pembangunan perumahan atau hunian yang dikerjakan Kementerian PUPR.

"Dengan program pembangunan rumah yang masif ini, kalau kita berkomitmen untuk bisa memanfaatkan kompor induksi," kata Basuki dalam konferensi pers virtual, Jakarta, Rabu (31/3).

Basuki menerangkan, saat ini PUPR memiliki penugasan untuk membuat 1 juta rumah. Hingga tahun 2021, sudah ada 1,1 juta unit yang terbangun.

Tahun ini juga melalui FLPP Kementerian PUPR diberikan anggaran untuk kembali membangun perumahan oleh pemerintah dengan anggaran mencapai Rp16,2 triliun. Lebih tinggi dari realisasi sebelumnya yang hanya berkisar Rp9 triliun - Rp11 triliun.

Basuki mengatakan, dari anggaran tersebut sudah terserap Rp2,5 triliun untuk membangun 21 ribu unit rumah dari target 157.500 rumah. Capaian ini belum termasuk dengan pembangunan rusun yang didanai APBN.

Sehingga, program yang dicanangkan PLN untuk mengkonversi kompor gas ke kompor LPG bukan hal yang sulit untuk direalisasikan bila bekerja sama dengan pihaknya. "Jadi saya kira kalau ini bisa bersinergi buat menggunakan kompor induksi (itu bisa saja)," kata dia.

Apalagi dalam program ini juga sekaligus bisa membantu PLN dalam menyerap kelebihan produksi energi yang hingga mencapai 50 persen dan konsumsi.

"Kalau kita berkomitmen untuk bisa memanfaatkan kompor induksi dalam rangka menyerap 50 persen energi tadi , ini akan meningkatkan ketahanan energi kita," kata dia. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini