Menteri Basuki janjikan pembebasan lahan Trans Sumatera tahun ini

Senin, 21 September 2015 20:30 Reporter : Novita Intan Sari
Menteri Basuki janjikan pembebasan lahan Trans Sumatera tahun ini

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menjanjikan pembebasan lahan tol Trans Sumatera pada tahun ini. Salah satunya ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang seluruh lahannya akan bebas bulan depan.

"Terbanggi Besar 15 Oktober bisa dilakukan pembahasan lahannya, dan ujung ruas tersebut selesai pembebasan lahan 20 Oktober. Jadi, Oktober semua sudah bisa jalan," ujarnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (21/9).

Menurut dia, ganti rugi ruas Bakauheni-Terbanggi Besar diperkirakan mencapai Rp 800 miliar. Ruas lainnya, yakni Indralaya-Palembang sudah tidak ada permasalahan lahan dan pembayaran ganti rugi.

Selanjutnya, ruas Medan-Binjai juga sudah tidak ada hambatan. Namun di Kota Medan pembayaran ganti rugi dilakukan pada Desember 2015. Kendati demikian, pada November tahun ini kemungkinan pembayaran ganti rugi sudah mulai dilaksanakan.

"Kemudian, ruas Pekanbaru-Kandis-Dumai di mana pembebasan lahan hanya sebagian saja karena masih ada masalah tata ruang, sehingga kita harus menyesuaikan ke Perda-nya," jelas dia.

Menyinggung pembebasan lahan Trans Jawa, Basuki optimistis ruas Pemalang-Batang akan dikerjakan pada Oktober 2015. Adapun investornya adalah PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Sedangkan, ruas Batang-Semarang masih membutuhkan koordinasi.

"Besok, saya akan ketemu dengan investor lamanya untuk ruas Batang-Semarang. Investor lama itu pasti tidak bisa menerima keputusan tersebut," tutupnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini