Menteri Bambang Dorong Perbanyak Penggunaan GeNose untuk Pulihkan Ekonomi

Jumat, 19 Februari 2021 16:52 Reporter : Merdeka
Menteri Bambang Dorong Perbanyak Penggunaan GeNose untuk Pulihkan Ekonomi Tes GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen. ©2021 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Bambang Brodjonegoro, mendorong sektor pariwisata menggunakan GeNose sebagai alat skrining bagi para pengunjung. Hal ini ditandai dengan penyerahan 100 unit GeNose C-19 kepada Accor Group.

Nantinya, seluruh hotel di bawah manajemen Accor Group akan menggunakan GeNose untuk mendeteksi pengunjung yang terinfeksi Covid-19.

Menteri Bambang ingin, penggunaan GeNose ini menjadi instrumen pemulihan ekonomi nasional (PEN). Sebab, dapat digunakan di sektor yang terdampak pandemi.

"Saya ingin memposisikan GeNose ini jadi salah satu instrumen PEN dan tidak hanya di tempat pariwisata. Intinya mobilitas. GeNose ini ideal selain di sektor pariwisata juga di pabrik, karena yang kerja ini ratusan, ribuan. Lalu kantor besar. Kemudian di tempat umum," katanya dalam Launching GeNose untuk Kepariwisataan Indonesia, Jumat (19/2).

Pihaknya ingin agar setiap hotel menyediakan satu laptop untuk analisa skrining Covid-19. Rencananya, tim GeNose akan membuat alat khusus sehingga tidak perlu menggunakan laptop terpisah ke depannya.

"Jadi bayangan saya, tamu ke hotel tidak usah periksa temperatur, tapi pakai GeNose saja, jadi tidak usah kerja dua kali. Dan ini akan sangat memudahkan," jelas Menteri Bambang.

Dengan biaya satu mesin senilai Rp 60 juta, kapasitas pemakaian GeNose bisa mencapai 100.000 kali. Menteri Bambang mengimbau agar para pengusaha tidak melihat harga ketika membeli GeNose karena fungsinya lebih besar untuk jangka panjang.

"Jadi jangan lihat beli GeNose ini jangan hanya sebagai expense, tapi investment. Kalaupun expense ini jangka panjang sekali," katanya.

Baca Selanjutnya: Menristek: Percepatan Pemulihan Ekonomi Harus...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini