Menteri Bahlil: UU Cipta Kerja Buka Peluang Generasi Muda Jadi Pengusaha

Selasa, 15 Juni 2021 15:15 Reporter : Anisyah Al Faqir
Menteri Bahlil: UU Cipta Kerja Buka Peluang Generasi Muda Jadi Pengusaha Ilustrasi sukses. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Creativa

Merdeka.com - Menteri Investasi sekaligus Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia mengatakan Undang-Undang Cipta Kerja memberikan ruang yang luas bagi pelaku UMKM. Sebab, investasi dengan nilai di bawah Rp10 miliar tidak boleh mengikutsertakan investor asing. Melainkan diperuntukkan bagi pelaku UMKM Indonesia.

"UMKM dikasih ruang yang cukup karena investasi di bawah Rp10 miliar ini asing enggak boleh masuk. Ini buat UMKM," kata Bahlil dalam diskusi virtual berjudul Investor Lokal Anak Kandung yang Perlu Didukung, Jakarta, Selasa (15/6).

Kesempatan yang besar ini kata Bahlil harus diambil generasi muda sebagai peluang dalam berbisnis. Dia meminta lulusan sarjana maupun SMK sederajat harus memiliki mental pengusaha, bukan lagi mental pekerja. Apalagi jumlah pengusaha di Indonesia masih kurang dari 4 persen.

"Cara pandang anak muda ini harus kita ubah dari yang cuma ingin menjadi karyawan berubah jadi pengusaha," kata dia.

Bahlil mengakui hal ini bukan hal yang mudah bagi generasi muda. Sebab menjadi pengusaha memang lebih sulit karena harus mengurus perizinan dan membutuhkan modal. "Jadi pengusaha ini susah, harus ngurus izin, punya modal dan ini yang jadi masalah," kata dia.

Baca Selanjutnya: Anekdot Pengusaha...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini