Menteri Bahlil: Pertumbuhan Ekonomi itu Penting, tapi Lebih Penting Pemerataan

Kamis, 29 April 2021 15:08 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menteri Bahlil: Pertumbuhan Ekonomi itu Penting, tapi Lebih Penting Pemerataan Ketum HIPMI Bahlil Lahadalia. ©handout/HIPMI

Merdeka.com - Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia menegaskan bahwa pertumbuhan investasi di kawasan luar Pulau Jawa menjadi sangat penting. Sebab, ini juga menjadi bagian program Presiden Joko Widodo dalam periode pertama, yakni melakukan pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur menjadi instrumen awal dalam rangka mendorong kecenderungan dan pilihan untuk investor tanamkan modalnya di luar Pulau Jawa. Sehingga, tujuan akhirnya adalah bisa mendorong pertumbuhan yang merata.

"Bagi kami, pertumbuhan ekonomi itu penting tapi jauh lebih penting pertumbuhan yang didorong dengan pemerataan agar semuanya bisa adil," jelasnya dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat 2021, secara virtual, Kamis (29/4).

Berdasarkan catatan, investasi di luar Jawa pada kuartal I-2021 tercatat mencapai Rp114,4 triliun atau setara dengan 52,1 persen. Sementara di Jawa tercatat hanya sebesar Rp105,3 triliun atau setara dengan 47,9 persen.

Capaian ini menjadi sejarah baru pertama pasca reformasi bahwa realisasi investasi di Luar Pulau Jawa menjadi tertinggi di kuartal IV-2020 kemarin, yakni selisihnya hanya sekitar 0,5 persen. Namun pada kuartal I-2021 mengalami selisih atau peningkatan luar biasa.

"Presiden arahkan kepada kami sejak kami dilantik agar kami bisa mendorong realisasi investasi yang berkualitas dalam arti kata tidak hanya bertumbuh di Jawa, tapi juga penyebaran investasi di luar Jawa," tandasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini