Menteri Arief ingin pariwisata Belitung seperti Maladewa

Rabu, 14 Oktober 2015 13:35 Reporter : Moch Wahyudi
Menteri Arief ingin pariwisata Belitung seperti Maladewa Pantai Belitung, Indonesia. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Burhan Bunardi Xie

Merdeka.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya menginginkan pariwisata Belitung berkembang seperti Maladewa di Samudera Hindia. Per tahun, negara kepulauan berpenduduk 300 ribu orang itu bisa mendapatkan pemasukan Rp 30 triliun dari sejuta turis asing.

"Saya ingin Belitung seperti Maladewa. Maladewa yang pariwisatanya besar, mirip Belitung. Belitung menjadi Maladewa-nya Indonesia," ujarnya saat Ekspedisi Kapsul Waktu di Belitung, seperti dilansir Antara, Rabu (14/10).

Saat ini, menurut Arief, Belitung dihuni 200 ribu orang hanya memiliki pendapatan asli daerah Rp 100 miliar dan APBD Rp 1 triliun. Dia berharap Negeri Laskar Pelangi bisa menarik sejuta turis dan mendapat pemasukan USD 2 miliar.

"Dengan begitu, pendapatan per kapita masyarakat Belitung bisa 10 ribu dolar AS. Saya doakan pendapatan per kapita dua kali lipat dari rakyat Indonesia," tuturnya.

"Atau kita bayangkan dulu 100 ribu orang ke Belitung dengan pengeluaran minimal USD 1.000, itu sudah USD 100 juta, tidak perlu menunggu 2085, cukup 2019 semoga bisa tercapai."

Untuk itu, dia berjanji bakal mendorong pembangunan infrastruktur di Belitung. Di sisi lain, dia juga meminta masyarakat di pulau tersebut menjaga kelestarian lingkungan.

"Lestarikan semuanya, jangan dirusak. Pariwisata punya slogan, semakin dilestarikan semakin menyejahterakan." [yud]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini