Mentan SYL Sebut Harga Gula Kini Sudah Turun di Kisaran Rp14.000 per Kg

Selasa, 5 Mei 2020 15:14 Reporter : Merdeka
Mentan SYL Sebut Harga Gula Kini Sudah Turun di Kisaran Rp14.000 per Kg Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. ©2020 Liputan6.com/Tira Santira

Merdeka.com - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo atau SYL, memproyeksikan harga gula pasir putih pada pekan ini bisa turut sesuai target harga eceran tertinggi (HET), yakni berada di level Rp12.500 per Kilogram (Kg). Menurut pengamatannya, Mentan SYL mengatakan, harga gula di pasar nasional kini sudah terpangkas hingga kisaran Rp14.000 per Kg.

"Sekarang sudah mulai ada penyesuaian. Gula sudah mulai turun Rp14 ribu per kg, targetnya itu bisa sampai Rp12.500 (per kg). Semoga minggu ini bisa kita capai itu," ujar dia dalam acara #sharingsession Liputan6.com, Selasa (5/5).

Untuk komoditas lainnya, Mentan SYL melanjutkan, ketentuan harga pasar sebetulnya ditentukan oleh faktor suplai dan demand. Kementerian Pertanian disebutnya bahu membahu menentukan harga jual di tengah masyarakat bersama instansi terkait yakni Kementerian Perdagangan.

"Di sinilah peran pemerintah untuk atur distribusi dan transportasi agar ketersediaan komoditas itu bisa tersedia. Distribusi terlambat bisa terjadinya lompatan harga," kata dia.

1 dari 1 halaman

Stok Beras Ramadan Aman

ramadan aman rev1

Untuk komoditas pangan utama lain yakni beras, dia memastikan bahwa stok selama bulan Ramadan ini mencukupi, terutama dengan akan adanya panen raya di bulan ini.

"Sebenarnya kita katakanlah stok cadangan cukup kuat khusus untuk beras. Panen raya mulai dari Maret, April, puncaknya Mei. Khusus untuk berat kita kuat," seru dia.

Dia justru memperingatkan komoditas bahan pangan seperti cabai dan bawang, yang dianggapnya butuh pengelolaan distribusi yang baik dan stok penyimpanan yang cukup. "Distribusi maksimal itu butuh untuk cabai, bawang, itu tidak bisa disimpan lama. Cold storage harus dipersiapkan," imbuh Mentan SYL.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6

[bim]

Baca juga:
Pengusaha Sebut Stok Gula Sudah Tipis Bahkan Sebelum Ada Corona
BUMN: Hasil Lelang Gula PTPN II Rp12.500 per Kg, Proyek Tender Hanya 5.000 Ton
Pasokan Gula Terus Ditambah dan Harga Sesuai HET Rp12.500 per Kg
Mendag Agus Tak Akan Ubah Harga Eceran Tertinggi Gula Sebesar Rp12.500/Kg
Mendag Agus: Stok Gula Cukup, Tinggal Mengatur Distribusi
Kemendag Siap Tindak Tegas PTPN II Jika Tak Turunkan Harga Gula
Mendag Pastikan Pedagang Gula Nakal Saat Ramadan Bisa Dipidana

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini