Mentan Syahrul Jamin Stok Daging dan 11 Komoditas Lain Aman Jelang Ramadan

Selasa, 6 April 2021 11:36 Reporter : Sulaeman
Mentan Syahrul Jamin Stok Daging dan 11 Komoditas Lain Aman Jelang Ramadan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo. ©2021 Merdeka.com/Sulaeman

Merdeka.com - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, menjamin ketersediaan daging jelang Ramadan dan Idulfitri tahun ini dalam kondisi cukup dan aman. Dia menyebut untuk memenuhi kebutuhan daging nasional, pihaknya tidak hanya mengandalkan mekanisme impor, tetapi juga memaksimalkan produksi daging dalam negeri.

"Selama Ramadan, biasanya daging menjadi salah satu kebutuhan pangan yang cukup tinggi permintaannya, kami akan lakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan itu, baik dalam bentuk daging segar maupun beku, kami akan maksimalkan dari berbagai tempat termasuk produksi dalam negeri," ungkap Mentan Syahrul saat meninjau Toko Daging Nusantara GDC, Depok, Senin (5/4).

Mentan Syahrul mengatakan kunjungannya ke Toko Daging Nusantara ini menjadi salah satu upayanya dalam memastikan pangan masyarakat khususnya daging. Dia mengaku akan meningkatkan sinergi dengan pihak terkait untuk mengamankan ketersediaan maupun distribusi pangan secara umum.

"Pangan itu sangat terkait dengan supply and demand, maka untuk menjaga ini saya akan bekerjasama dengan pihak - pihak terkait, salah satunya Mendag untuk mendekatkan produksi dengan pasar, jika masih terjadi lonjakan tentu kami akan lakukan operasi pasar, hari ini saya juga mengecek ketersediaan daging bersama Ibu Diana, salah satu Ketua Asosiasi atau UMKM daging, ini juga menjadi bagian kami untuk memperkuat upaya pemenuhan pangan," bebernya.

Mentan Syahrul menuturkan secara umum stok 11 pangan nasional dalam kondisi yang aman dan terkendali, dia menegaskan pihaknya tidak akan berhenti mengecek ketersediaan pangan hanya lewat data tetapi juga akan memantau ketat pergerakan stok pangan di lapangan terutama selama Bulan Ramadan dan Idulfitri tahun ini.

Adapun 11 komoditas pangan dasar yang dimaksud antara lain beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi, daging kerbau, telur ayam ras, minyak goreng, dan gula pasir.

"Dari 11 komoditi dasar yang ada, Bapak Presiden minta betul - betul harus di cek dan dikontrol, tidak hanya data, tetapi kita harap ketersediaan pangan itu betul - betul ada real di lapangan, dari prognosa atau perkiraaan yang ada, Insyaallah bisa kita kendalikan, mudah - mudahan terus diamankan dengan standar - standar yang ada," ucapnya.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini