Mentan Amran perintahan pasokan ayam digenjot jelang Ramadan

Rabu, 1 Juni 2016 15:42 Reporter : Syifa Hanifah
Mentan Amran perintahan pasokan ayam digenjot jelang Ramadan Menteri Amran Sulaiman. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menginginkan pasokan ayam diperbanyak ke berbagai daerah. Hal ini guna mengantisipasi datangnya bulan puasa dan Lebaran mendatang.

"Guyur pasar, apapun ceritanya kalau biasanya kirim dua ton, kirim lebih banyak sampai 100 ton," kata Mentan Amran saat meninjau salah satu pabrik pemotongan dan pengolahan ayam di Kawasan Industri Modern Cikande, Banten, seperti dilansir Antara, Rabu (1/6).

Menteri Amran juga mengemukakan agar perusahaan pemotongan dan pengolahan ayam dapat menambah pasokannya dalam jangka waktu sekitar 1,5 bulan ke depan. Bahkan kalau diperlukan, lanjut Menteri Amran, pihaknya juga bisa saja mengirimkan tenaga kerja untuk mengawasi penambahan pasokan tersebut.

Menteri Amran tidak menginginkan adanya kenaikan harga berkali-kali lipat saat Ramadan. Serta, dirinya juga tidak setuju bila solusi untuk menurunkan harga hanya melalui mekanisme impor.

Sebelumnya, Kepala BPS Suryamin mengungkapkan harga daging ayam ras menjadi penyumbang utama inflasi Mei. Kenaikan harga disinyalir akibat tingginya permintaan menjelang Ramadan.

"Penyabab utama ini daging ayam ras ada kenaikan harganya rata-rata 17 persen dengan andil 0,08 dan bobotnya 1,21 persen. Kami perkirakan karena menjelang masuknya Ramadan, ini kenaikan 64 IHK. Kenaikan tertinggi di Tanjung Pandan hingga 38 persen dan Jambi 26 persen," papar Suryamin. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini