Menristek Bambang: Riset dan Inovasi Penting Menunjang Perekonomian Negara

Selasa, 30 Maret 2021 10:38 Reporter : Anggun P. Situmorang
Menristek Bambang: Riset dan Inovasi Penting Menunjang Perekonomian Negara Menristek Bambang Brodjonegoro. ©2020 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Menteri Riset dan Teknologi atau Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brojonegoro mengatakan, riset dan inovasi menjadi hal penting dalam menunjang perekonomian negara. Untuk itu, Kemenristekdikti memberikan berbagai dukungan agar semakin banyak riset dan inovasi yang dihasilkan Indonesia.

"Salah satu bentuk dukungan Kemenristekdikti dalam mendukung riset dan inovasi dalam negeri adalah dengan meluncurkan pendanaan pengabdian masyarakat pada 2021 ini," ujar Bambang dalam diskusi secara daring, Jakarta, Selasa (30/3).

Program pendanaan pengabdian masyarakat ini diberikan kepada 10 universitas untuk meningkatkan angka partisipasi dosen atau peneliti dalam melaksanakan program yang bermutu. Hal tersebut juga untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan program di perguruan tinggi.

"Kemudian juga bertujuan untuk mendorong daya saing bangsa dalam segala aspek," jelas Bambang.

Kebijakan riset 2021 akan berlangsung untuk seterusnya. Program tersebut akan berupaya untuk membantu permasalahan ekonomi yaitu hilirisasi dengan mendorong teknologi 4 guna penciptaan nilai tambah utama dari produk Sumber Daya Alam dan berperan aktif dalam penanggulangan dampak pandemi.

"Kemenristek selalu berupaya memberikan dukungan bagi seluruh stakeholder agar semakin banyak riset dan inovasi yang dihasilkan," tandasnya. [azz]

Baca juga:
Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I-2020 Diprediksi Minus Satu Persen
Ekonom: Dampak Ledakan di Makassar Relatif Kecil ke Pemulihan Ekonomi Nasional
Meski Ekonomi Mulai Pulih, Jokowi Minta Sektor Industri Dibuka Perlahan
Laporan Terbaru Bank Dunia: Hanya China dan Vietnam Alami Pertumbuhan Kuat
OJK Ramal Ekonomi Global akan Pulih Lebih Cepat
Kadin Nilai Ekonomi Indonesia Mulai Membaik Namun Belum Maksimal

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini