Menperin: Startup di Indonesia Menjadi Salah Satu yang Dilirik Investor

Rabu, 14 Oktober 2020 15:06 Reporter : Merdeka
Menperin: Startup di Indonesia Menjadi Salah Satu yang Dilirik Investor ilustrasi fintech. ©2018 thenextweb.com

Merdeka.com - Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut bahwa Indonesia merupakan pasar yang potensial untuk investor melakukan investasi di bidang industri startup.

Menurut Global startup ecosystem report pada tahun 2020, Indonesia berada di peringkat kedua pada top one hundred emerging ekosistem. Hal ini menunjukkan ekosistem startup di Indonesia telah terbentuk melalui peran serta swasta, akademi, dan pemerintah.

"Indonesia menjadi salah satu negara yang dilirik investor untuk berinvestasi pada startup-startup di Indonesia. Hal tersebut juga memperlihatkan bahwa Indonesia merupakan pasar yang potensial untuk teknologi digital," kata Agus dalam Konferensi Pers Startup 4 Industry, Rabu (14/10).

Sejak tahun 2018, making Indonesia 4.0 melalui Startup 4 Industry telah diluncurkan oleh presiden sebagai inisiatif transformasi industri dengan implementasi teknologi. Maka Kementerian Perindustrian telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong implementasi teknologi tersebut.

"Hal ini di antaranya dengan membangun apa yang disebut dengan pusat inovasi dan pengembangan sumber daya manusia industri 4.0 yang rencananya akan dibangun di wilayah Permata Hijau Jakarta. Di mana ini akan membantu pengembangan startup di industri 4.0," ujarnya.

Selain itu, Kemenperin telah melakukan implementasi pilot project industri 4.0, pelatihan di industri 4.0 transformation manager, sosialisasi dan seminar tentang 4.0, penilaian dan pendampingan 4.0, iSmart IKM, dan program Startup 4 industry.

Menurutnya, industri 4.0 membutuhkan peran startup sebagai implementator dan sebagai problem solver untuk mewujudkan industri 4.0, untuk itu melalui ekosistem solusi teknologi yang dibentuk startup 4 industry pihaknya percaya akan mendukung terwujudkan ekosistem industri 4.0.

"Kami percaya startup-startup bisa membantu menciptakan misalnya sistem logistik nasional yang berbasis digital, startup bisa menjembatani antara supply dan demand side ini merupakan fungsi dari startup, yang akan menciptakan multiplayer efek yang positif memberikan dampak sosial dan ekonomi yang positif bagi masyarakat," pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [idr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kemenperin
  3. Digital Startup
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini