KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Menperin: Saya belum tahu detail rencana Apple investasi di RI

Senin, 19 Oktober 2015 18:15 Reporter : Fikri Faqih
Apple. © Midsizeinsider.com

Merdeka.com - Rencana Apple untuk investasi di Indonesia masih belum dapat dipastikan. Hingga saat ini, pemerintah masih melakukan penjajakan dengan melakukan beberapa kali pertemuan.

"Memang timnya mereka (Apple) sempat ketemu dengan tim dari kami Kemenperin, kalau enggak salah sudah beberapa kali ketemu. Tapi saya belum tahu detailnya," ucap Menteri Perindustrian Saleh Husin di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (19/10).

Meski demikian, Saleh tetap mengharapkan Apple bisa menanamkan investasinya di Indonesia.

"Intinya kalau bisa tentu kami berharap mereka lakukan investasi di sini (Indonesia)," kata Saleh.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, pemerintah saat ini menyiapkan dua skenario untuk menyambut investasi Apple di Indonesia. Skenario pertama yang dapat ditempuh adalah dengan pola kerja sama.

Apple diharapkan dapat menggandeng perusahaan dalam negeri untuk pengembangan software maupun hardware. Harapannya pengusaha dalam negeri bisa berkompetisi di pasar global.

"Jadi mereka (Apple) datang ke Indonesia sebagai perusahaan besar yang akan menjadi strategi partner dari industri-industri software kita. Sehingga industri software kita ikut ketarik. Karena tanpa itu ya agak sulit untuk ikut bersaing di pasar global," ungkapnya di Jakarta, Selasa (13/10).

Sedangkan skenario kedua yakni melalui jalur perguruan tinggi. Dengan cara ini, pemerintah meminta Apple untuk membuat program Incubator Business Center (IBC). "Di situ kita akan anak-anak yang baru tamat, masih fresh graduate dan ingin menjadi enterpreneur bisa lewat jalur situ," jelasnya.

Putu Suryawirawan menegaskan, belum ada keputusan dari Apple akan menggunakan skenario yang mana. [idr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.