Menperin: Revolusi industri 4.0 beri kesempatan Indonesia untuk bangkit

Rabu, 7 Maret 2018 16:09 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Menperin: Revolusi industri 4.0 beri kesempatan Indonesia untuk bangkit Menperin Airlangga Hartarto. ©2017 merdeka.com/wilfridus

Merdeka.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan bahwa revolusi industri 4.0 tidak perlu ditakuti. Revolusi industri keempat ini dianggap sebagai zaman di mana inovasi-inovasi baru akan banyak dilahirkan.

"Revolusi industri keempat itu tidak perlu kita khawatirkan karena revolusi industri keempat itu memberi kesempatan untuk berinovasi. Ini merupakan kesempatan untuk melakukan remanufacturing," kata Airlangga saat ditemui usai rapat di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Rabu (7/3).

Menurutnya, industri dalam negeri bisa bangkit menjadi pusat pertumbuhan ekonomi melalui revolusi industri keempat ini. Selain itu, pendidikan berbasis teknik juga akan semakin meningkat, terlebih lagi Indonesia sudah mempunyai modal yang cukup bagus untuk mengembangkan hal tersebut.

"Pasca pemerintahan sesudah 98 kan orientasinya kebanyakan non science, engineering, technology dan matematik. Ini kesempatan kita mengembalikan pendidikan-pendidikan tersebut karena ini merupakan bagian dari pelaksanaan revolusi industri keempat, ekonomi digital. Ekonomi digital ini kuncinya adalah talent dan pasar," imbuhnya.

Tak hanya itu, otomatisasi atau robotisasi yang semakin berkembang di revolusi industri keempat ini tidak akan menggerus tenaga kerja manusia. Menurutnya, robotisasi sudah ada jauh sejak revolusi industri keempat digaungkan, yakni sejak era revolusi industri ketiga.

"Karena revolusi industri keempat itu kan melalui revolusi industri ketiga, sebetulnya otomatisasi dan robotik itu sudah dilakukan di revolusi industri ketiga. Jadi tidak ujug-ujug ke revolusi industri keempat," ujarnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini