Menperin bangga investasi Toyota dalam negeri tembus Rp 20 triliun

Rabu, 5 September 2018 13:17 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menperin bangga investasi Toyota dalam negeri tembus Rp 20 triliun Airlangga Hartanto tes mobil listrik. ©2018 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menyambut baik kinerja industri otomotif Toyota yang berhasil mencatatkan investasi senilai Rp 20 triliun dalam tiga tahun terakhir. Pencapaian tersebut menurutnya tak luput dari kinerja ekspor kendaraan bermotor roda empat utuh (CBU) yang berhasil tembus mencapai satu juta unit lebih.

"Sejak tahun 2015 hingga 2017 nilai investasi Toyota Group telah mencapai Rp 20 triliun," kata Airlangga saat ditemui di Indonesia Kendaraan Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (5/9).

Airlangga menambahkan, keberhasilan ini juga ditandai dengan pencapaian target ekspor CBU untuk pertama kalinya tahun 2018 menembus angka 200 ribu unit per tahun atau senilai sekitar USD 3 miliar.

"Informasi yang kami terima, bahwa kendaraan bermotor CBU merek Toyota yang diproduksi di PT TMMIN telah di ekspor ke lebih dari 80 negara di Asia, Eropa, Australia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, Timur Tengah, dan Pasifik dengan tingkat kandungan lokal antara 75-94 persen," jelas Airlangga.

Dengan investasi tersebut, PT TMMIN terus meningkatkan kapasitas produksinya dan sampai saat ini telah mencapai 250 ribu unit kendaraan, 411 ribu unit mesin, dan 12.000 ton besi cor. "Dan pada hari ini sebanyak 1.879 unit CBU akan dikirim ke Bahrain, Bangladesh, Laos, Myanmar, Peru, Qatar, Saudi Arabia, Thailand, UAE dan Costarica," ungkapnya.

Sebelumnya, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mencatatkan realisasi ekspor yang melampaui satu juta unit lebih sejak 1978 atau selama 30 tahun, yang dirayakan di Tanjung Priok Car Terminal.

Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengapresiasi atas pencapaian kinerja ekspor yang dilakukan Toyota. Pencapaian ini menurutnya cukup baik, mengingat pemerintah saat ini berupaya untuk menggenjot ekspor dan mendorong investasi dalam negeri untuk menutupi defisit neraca perdagangan.

"Saya ingin menggaris bawahi dan berkali-kali saya sampaikan, bahwa dua hal yang dilakukan demi perbaikan ekonomi kita yang pertama ekspor dan kedua investasi, ini dua-duanya kena. PT Toyota Motor ini dua-duanya kena. Ada investasi dan ada ekspornya dua-duanya kena," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara seremoni realisasi 1 Juta Unit Ekspor CBU milik Toyota. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini