Menperin Agus Minta Keringanan Bayar Listrik untuk Industri Terdampak Corona

Kamis, 18 Juni 2020 15:43 Reporter : Sulaeman
Menperin Agus Minta Keringanan Bayar Listrik untuk Industri Terdampak Corona Agus Gumiwang. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta adanya insentif atau stimulus tambahan bagi sektor industri yang terdampak pandemi Covid-19. Langkah strategis ini demi menjaga arus kas (cashflow) perusahaan, setelah pandemi membuat pemasukan perusahaan berkurang drastis.

"Kita saat ini secara intensif membahas berbagai insentif atau stimulus tambahan dalam ratas (rapat terbatas). Karena memang dibutuhkan oleh sektor industri," kata dia melalui video conference via Facebook di Jakarta, Kamis (18/6).

Dia mengatakan, insentif tambahan itu di antaranya keringanan pembayaran atau subsidi listrik bagi industri yang terdampak pandemi. Terkait hal itu, Menperin telah mengirimkan surat edaran kepada PLN.

Usulan tersebut berupa penghapusan biaya minimum untuk pemakaian 40 jam konsumsi listrik, termasuk bagi pelanggan industri premium yang menggunakan 233 jam konsumsi listrik. Stimulus ini diusulkan untuk periode 1 April sampai 31 Desember 2020.

Selain itu, Menperin menyampaikan, pihaknya telah mengusulkan insentif berupa penghapusan PPN untuk bahan baku lokal tujuan ekspor, penangguhan pembayaran PPN selama 90 hari tanpa denda. Bahkan, pembebasan sementara angsuran PPh Pasal 25.

"Tambahan insentif ini untuk meningkatkan produktivitas industri. Sekaligus menjaga kelangsungan usaha industri di dalam negeri di tengah pandemi ini," terangnya. [azz]

Baca juga:
Menperin Terbitkan 17.466 Izin Operasi Industri, 5 Juta Tenaga Kerja Selamat dari PHK
Kemenperin Ajak IKM Masuk Pasar Digital Lewat Gerakan Semuanya Ada Disini
Kemenperin Sesuaikan Pendidikan Vokasi dengan Kebutuhan Industri
Kemenperin manfaatkan dana dekonsentrasi untuk bangkitkan IKM
Pemerintah Fokus Tarik Investasi Pabrik AS yang Keluar dari China Imbas Corona
Startup Besutan Kemenperin Buat Teknologi Pemetaan Kebutuhan APD

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini