MenPAN-RB: Seleksi CPNS Gratis, Masyarakat Jangan Tertipu Calo

Jumat, 9 April 2021 15:30 Reporter : Merdeka
MenPAN-RB: Seleksi CPNS Gratis, Masyarakat Jangan Tertipu Calo cpns. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa proses seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN)/Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak dipungut biaya sama sekali. Oleh sebab itu, dia meminta masyarakat untuk berhati-hati agar tidak tertipu oknum yang meminta biaya.

"Ini tidak dipungut biaya. Untuk semua yang mau daftar, pendaftaran ini tidak dipungut biaya," kata Tjahjo dalam konferensi pers pada Jumat (9/4).

"Hati-hati terhadap siapapun, perorangan atau kelompok yang mengatasnamakan siapa yang sifatnya calo. Ini prosesnya terbuka, sistemnya juga tidak ada peluang untuk KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme)," jelasnya.

Dia pun mengimbau agar masyarakat merujuk pada website resmi milik pemerintah untuk mendapatkan informasi mengenai seleksi CPNS, guru PPPK, dan PPPK non-guru.

"Ikuti website PANRB dan website BKN, termasuk yg 1 juta PPPK guru, websitenya Kemendiknas," tutur Tjahjo.

Pemerintah mulai membuka pendaftaran untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada hari ini, Jumat (9/4/2021) dengan diawali dengan sekolah kedinasan. Total, pengadaan calon ASN pada tahun ini mencapai 1.275.384.

Dari total tersebut, sebanyak 83.669 formasi untuk pemerintah pusat dan instansi pemerintah daerah 1.191.718. Jumlah ini termasuk guru PPPK sebanyak 1.002.616, serta PPPK non guru dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 119.094 formasi. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. KemenPAN
  3. CPNS
  4. Jakarta
  5. Tjahjo Kumolo
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini