Menlu Retno Soal Ciputra: Kita Kehilangan Tokoh Entrepreneurship

Kamis, 28 November 2019 17:39 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menlu Retno Soal Ciputra: Kita Kehilangan Tokoh Entrepreneurship Menlu Retno Marsudi. ©2017 Merdeka.com/Ira Astiana

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi turut menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya konglomerat properti Ir Ciputra. Hal itu disampaikan usai dirinya melayat ke tempat persemayaman Ciputra bersama sang suami.

"Kita kehilangan tokoh entrepreneurship sekaligus sosok yang mencintai seni dan hidup," kata Retno saat ditemui di Artepreneur Ciputra Word 1, Kuningan Jakarta, Kamis (28/11).

Retno mengaku kenal betul dengan sosok pendiri Ciputra Group itu. Bahkan, dirinya pernah beberapa kali melakukan kerja sama dengan Pak Ci di berbagai bidang, termasuk kewirausahaan.

"Yang teringat adalah jiwa entrepreneurship-nya. Beliau kita minta untuk memberikan pengalamannya di bidang entrepreneurship dengan para pelaku ekonomi menengah bawah, UMKM di Asean," katanya.

Bagi Rento, sosok Pak Ci begitu melekat dengan bidang entrepreneurship-nya. Passion itulah yang ingin selalu dia bagi tidak saja di Indonesia tapi juga di negara-negara Asean.

Retno juga tak lupa ketika dimintai untuk mengingat pertama kali pertemuannya dengan Pak Ci. Dia menuturkan, kala itu memang ada sebuah pekerjaan yang mengharuskan dirinya untuk bertemu.

"Saya dihubungkan dengan Pak Ci karena pekerjaan, Ciputra Grup kebetulan memang telah melakukan investasi yang cukup lama di Vietnam dan kita melakukan komunikasi yang sangat baik dengan Ciputra Grup untuk terus memantau bisnis yang dilakukan Ciputra di luar negeri," tandasnya.

1 dari 2 halaman

REI Beri Penghormatan

Real Estate Indonesia (REI) memberi penghormatan atas berpulangnya pengusaha properti Ciputra. Ciputra meninggal dunia di Singapura pada Rabu dini hari tadi.

Kegiatan ini dilakukan di sela-sela acara Musyawarah Nasional (Munas) REI yang berlangsung pada 26-28 November 2019 di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta, Rabu (27/11).

Bentuk penghormatan diberikan dengan menggelar sesi mengheningkan cipta sekitar 1 menit. Proses mengheningkan cipta ini dipimpin oleh Menteri ATR/PPN Sofyan Djalil yang hadir sebagai tamu kehormatan dalam acara tersebut.

Selain Menteri Sofyan, turut ikut memberikan penghormatan pada Ciputra di kesempatan itu Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid.

2 dari 2 halaman

Ucapan Duka Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan kesedihan mendalam atas meninggalnya petinggi Ciputra Group tersebut. Menurutnya, Ciputra memiliki perhatian besar terhadap pembangunan pemukiman di Indonesia.

"Sedih banget ya. Pak Ciputra kan seorang tokoh ya, kalau buat saya pribadi karya-karya dia untuk membangun pemukiman selalu dengan satu visi. Tidak hanya sekadar profit ya tapi dia juga komit terhadap lingkungan, detail, saya lihat di beberapa tempat," ujarnya di Kampus UI, Depok, Rabu (27/11).

Menteri Sri Mulyani mengatakan, kecintaan Ciputra terhadap seni juga memberikan kenangan bagi Indonesia. Teladan lain dari Ciputra adalah tidak hanya menjalankan bisnis, tetapi mampu membuat orang-orang yang bekerja pada bisnisnya mendapat kehidupan laik.

"Kecintaannya juga kepada seni jadi memberikan suatu ekosistem yang penuh. Saya rasa kita kehilangan tokoh-tokoh yang memiliki pemikiran mengenai bagaimana mereka bisa create bisnis tapi pada saat yang sama juga memanusiawikan ciptaannya itu," jelasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, dirinya sudah lama tak bertemu dengan Ciputra. "Saya sudah lama sekali tidak ketemu sama pak Ciputra. Tapi kayaknya ada beberapa event di mana kita bersama, tapi sangat mengagumi hasil karyanya dia," tandasnya. [azz]

Baca juga:
Anak Ciputra: Tidak Ada Firasat dan Pesan-Pesan Terakhir dari Sang Ayah
Ciputra Group Belum Ada Rencana Rombak Susunan Komisaris
Kisah Ciputra Latih Kewirausahaan PSK
Jenazah Pengusaha Ciputra Disemayamkan di Ciputra Artpreneur

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini