Menkop UKM Nilai Merdeka Award Penyemangat Kepala Daerah untuk Kembangkan UMKM

Jumat, 2 April 2021 16:03 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Menkop UKM Nilai Merdeka Award Penyemangat Kepala Daerah untuk Kembangkan UMKM Merdeka Award Daerah dengan program inspiratif bagi UMKM. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Media online merdeka.com menggelar pemberian penghargaan bertajuk Merdeka Award 2021 yang mengambil tema Inspirasi di Tengah Pandemi. Salah satu kategori penghargaan diberikan kepada daerah dengan program inspiratif bagi UMKM di masa pandemi.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki hadir dan menyerahkan langsung penghargaan kepada para kepala daerah. Teten mengapresiasi pemberian penghargaan bagi kepala daerah yang memiliki program-program inspiratif guna mendukung UMKM. Terutama di masa pandemi Covid-19.

"Mudah-mudahan ini (Merdeka Award) bisa terus dilangsungkan. Ini akan menyemangati para kepala daerah untuk mengembangkan inisiatif bagaimana mereka mengembangkan UMKM di masing-masing daerah," ujar Teten di sela-sela acara Merdeka Award 2021, Jumat (2/4).

merdeka award daerah dengan program inspiratif bagi umkm

Dia menjelaskan, tranformasi Koperasi dan UMKM merupakan hal penting menjadi fokus kerja pemerintah. Dengan demikian Koperasi dan UMKM Indonesia dapat terus tumbuh dan berkembang.

Saat ini, pemerintah sedang berupaya mendukung UMKM agar dapat survive atau tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19. Sembari menyiapkan berbagai program yang dapat mendorong transformasi UMKM.

"Setelah fase survive ini kita lewati, tahap berikutnya kita sudah masuk tahap transformasi," jelasnya.

merdeka award daerah dengan program inspiratif bagi umkm

Transformasi dapat terjadi dalam empat hal. Pertama, transformasi dari sektor informal ke formal. Kedua transformasi ke digitalisasi. Ketiga, tranformasi yang membawa UMKM masuk ke dalam rantai pasok. Keempat modernisasi koperasi.

Salah satu pihak yang berperan penting dalam proses transformasi tersebut yakni pemerintah daerah. Kepala daerah merupakan pendamping dan pendorong pertumbuhan UMKM. Baik untuk akses permodalan, askes pasar, maupun pendampingan yang berkelanjutan bagi UMKM.

"Saya berharap di tahap transformasi, bisa melihat daerah melakukan empat transformasi tadi disesuaikan dengan karakteristik dan potensi daerahnya," ungkap dia.

merdeka award daerah dengan program inspiratif bagi umkm

Berikut penerima Medeka Award 2021 kategori Daerah dengan program inspiratif bagi UMKM di masa pandemi:
1. Kabupaten Garut
2. Kabupaten Sintang
3. Kota Mojokerto
4. Kota Tarakan
5. Kabupaten Subang
6. Kota Tangerang Selatan
7. Kabupaten Kulon Progo
8. Kabupaten Karanganyar
9. Kabupaten Tulang Bawang [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini