Menkop Teten: Pandemi Membuat UMKM Sulit Memasarkan Produk

Rabu, 28 Juli 2021 11:50 Reporter : Anggun P. Situmorang
Menkop Teten: Pandemi Membuat UMKM Sulit Memasarkan Produk Menkop UKM Teten Masduki. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki mengakui bahwa pandemi membuat UMKM kesulitan memasarkan produk. Namun demikian, pandemi juga membuat 44 persen UMKM beralih ke pemasaran secara daring.

"Sebagian besar UMKM kesulitan mendistribusikan produk. Namun berita baiknya, 44 persen UMKM telah bergabung dengan pasar online," ujar Teten dalam diskusi daring, Jakarta, Rabu (28/7).

Teten menjabarkan, beberapa temuan kunci selama pandemi. Sebanyak 9 dari 10 UMKM mengalami dampak penurunan penjualan. Sementara 2 sampai 3 UMKM mengalami penurunan pendapatan.

"Beberapa temuan kunci mengenai dampak ini, 9 atau 10 UMKM mengalami penurunan. Kemudian, 2 dan 3 UMKM mengalami penurunan pendapatan. Lebih dari 80 persen mencatat margin keuntungan lebih rendah. Lebih dari 53 persen UMKM mengalami penurunan nilai aset," katanya.

Pemulihan penjualan UMKM terus terjadi hingga hari ini. Beberapa di antaranya terus melakukan inovasi memperkaya diri dan memperluas jaringan pemasaran.

"Hari ini kita terus mendengar banyak contoh banyak UMKM dapat bangkit dan pulih dari pandemi. Kebutuhan lapangan kerja baru dan perbaikan kesehatan tetap krusial. UMKM sangat mendominasi struktur pelaku usaha di Indonesia," tandasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini