Menkop Teten Dorong Kemitraan agar UMKM Cepat Naik Kelas

Selasa, 23 Februari 2021 15:15 Reporter : Merdeka
Menkop Teten Dorong Kemitraan agar UMKM Cepat Naik Kelas UMKM. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan akan mengedepankan kemitraan rantai pasok bagi UMKM, dan mendorong inkubasi untuk melahirkan wirausahawan muda dan pelaku UMKM bisa cepat naik kelas.

"Yang sangat penting juga di PP 7 2021 tentang kemitraan. Seperti yang sudah saya sampaikan kita akan mengedepankan kemitraan dalam rantai pasok. Karena UMKM dengan usaha besar bertarung pasti UMKM kalah, pola kemitraan ini yang harus dilakukan," kata Teten dalam sosialisasi PP nomor 7 tahun 2021, Selasa (23/2).

Dia menjelaskan, di banyak negara dan berdasarkan pengalaman Indonesia pun UMKM yang naik kelas adalah mereka yang bermitra. Meskipun sekarang ini kemitraan lebih banyak di hilir, misalnya UMKM menjadi pedagang mie rebus, atau UMKM jualan kelontongan produk-produk indofood, unilever dan sebagainya.

"Kita ingin dorong UMKM kita itu juga kemitraan di hulunya di sektor produksinya," katanya.

Selain itu, Teten juga menginginkan agar pelaku UMKM di Indonesia bisa mencontoh UMKM dari China, Jepang, dan Korea Selatan. Di mana mereka bisa memasok kebutuhan industri otomotif nasional dan internasional.

Menurutnya, hal serupa juga bisa dilakukan oleh UMKM Indonesia. Hanya saja kebanyakan UMKM di Indonesia memproduksi kerajinan, makanan, dan lainnya, yang rata-rata membuat produk jadi.

Oleh karena itu, dengan adanya PP nomor 7 tahun 2021 ini diharapkan UMKM Indonesia bisa tumbuh menjadi bagian manufaktur industri agar naik kelas.

"Kalau sekarang kan belum ada desainnya, kita ingin dorong ke situ, melalui Inkubasi. Inkubasi ini kita akan fokus pada wirausaha muda yang berbasis pendidikan yang baik untuk menyiapkan wirausaha masa depan yang punya kemampuan bersaing," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Persaingan Usaha...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. UMKM
  3. Teten Masduki
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini