Menkominfo: Program Klingking Fun Ajakan Agar Masyarakat Tidak Golput

Selasa, 16 April 2019 11:43 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Menkominfo: Program Klingking Fun Ajakan Agar Masyarakat Tidak Golput Rudiantara. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), jaringan 107 radio peduli pemilu serta asosiasi pengusaha serta asosiasi retail menyelenggarakan program Klingking Fun. Acara ini menawarkan diskon hingga 50 persen di 250 gerai hanya dengan menunjukkan kelingking.

"Tujuan dari ini bagian dari promosi mengajak masyarakat untuk berpartisipasi melakukan pencoblosan memilih di TPS pada tanggal 17 April," kata Menkominfo Rudiantara dalam acara konferensi pers di JS Luwansa, Jakarta, Senin (15/4).

Dia mengungkapkan, ukuran sukses suatu pemilu adalah dilihat dari jumlah partisipan atau pemilih. Oleh karena itu dengan adanya program Klingking Fun diharapkan dapat menjadi salah satu motivasi pemilih untuk datang ke TPS dan melakukan pencoblosan.

"Sukses dari pemilu salah satu indikatornya adalah jumlah yang berpartisipasi dan kita sudah lebih tinggi dibanding Amerika yang sama-sama negara demokrasi," ujarnya.

Sementara itu, DPP Hippindo Fetty Kwartati mengatakan, pemberian diskon tidak berkaitan langsung dengan strategi pemasaran merek. Pada Pemilu 2019 nanti gerai-gerai akan fokus meningkatkan partisipasi pemilih.

"Kita tidak punya target penjualan. Untuk sehari saja, tanggal 17 April nanti kita fokus meningkatkan minat masyarakat dalam memilih. Pesta demokrasi sudah selayaknya menggembirakan," ungkapnya.

Klingking Fun adalah program pemberian diskon khusus untuk para warga pemilih yang telah mencoblos di TPS-TPS di seluruh Indonesia pada tanggal 17 April besok. Besaran diskon bisa mencapai 50 persen dengan berbagai bentuknya. Program ini melibatkan lebih dari 250 brand dan jaringan retail ternama, mulai darl toko online, fashion, makanan-minuman, sinema, dan banyak lainnya. Beberapa di antaranya adalah: Tokopedia, Sogo, Seibu, Wacoal, Sushi Tei, Alfamart, Cinema XXI, ACE Hardware, Electronic City, dan banyak lainnya.

Dalam kesempatan serupa, Tokoh pengusaha nasional yang telah terlibat dalam hampir semua pemilu di negeri ini sejak 1971, Sofjan Wanandi, menyatakan pemilu ini mencatat sejarah baru dalam hal partisipasi aktif pengusaha.

"Perlu dicatat, baru di pemilu ini saya melihat para pengusaha berbondong-bondong tampil terbuka mendukung dan berpartisipasi aktif. lni bagus sekali untuk demokrasi. Pengusaha harus berani mengambil sikap di masa-masa nasib Bangsa dan Negara ditentukan. Jangan malu-malu kucing lagl. lni sudah bukan lemahnya. Indonesia harus terus kita jaga agar terus menjadi salah satu negara demokrasi terbesar di dunia," kata dia.

Perihal teknis pelaksanaan KlingKing Fun, tokoh pengusaha perempuan nasional, Shinta Kamdani, menjelaskan brand partners yang tergabung dalam program Klingking Fun, berasal dari brand lokal maupun internasional.

"Lebih dari 250 brand telah bergabung dan tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah karena program ini tidak hanya digelar di Jakarta. Di beberapa daerah, brand-brand lokal juga ikut berpartisipasi. Kami terus-terang kewalahan, tapi juga sangat bergembira melihat teman-teman pengusaha begitu antusias mendukung Klingking Fun," jelas Shinta. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini