Menko Luhut Soal Dampak Virus Corona Besar ke Ekonomi RI: Kita Tak Perlu Tutupi

Kamis, 6 Februari 2020 12:01 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menko Luhut Soal Dampak Virus Corona Besar ke Ekonomi RI: Kita Tak Perlu Tutupi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. ©2020 Humas Kemenko Kemaritiman

Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, mengakui dampak penyebaran virus corona cukup besar ke perekonomian Indonesia. Bahkan, pertumbuhan ekonomi kuartal I-2020 ini pun diperkirakan akan terkoreksi dalam akibat virus berasal dari China itu.

"Saya kira banyak pengaruh lah (pertumbuhan ekonomi kuartal I). Kita tidak perlu nutupin," katanya seperti ditulis Kamis (6/2).

Menko Luhut menyebut pengaruh virus corona tidak hanya dirasakan oleh Indonesia saja. Melainkan negara tetangga seperti Singapura pun ikut terpukul lantaran adanya virus yang belum bisa ditangani ini.

"Singapura kemaren waktu presidennya datang, bilang menderita banget. Jadi jangan lihat Indonesia. Ini sudah global," katanya.

Kendati begitu, dia meyakini meski secara dampak akan terasa bagi Indonesia, ekonomi tahun ini akan tetap tumbuh di sekitaran 5 persen. Angka itu cukup baik di tengah kondisi yang terjadi saat ini.

"Tahun ini saya kira ya kita lihat lah kalau kita bisa 5 persenan sedikit dengan virus corona ini sudah bagus sekali," tandas dia.

1 dari 1 halaman

Dubes China Nilai Tindakan Antisipasi RI Terkait Virus Corona Berlebihan

Dubes Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk Indonesia, Xiao Qian, mengimbau untuk tidak mengambil tindakan yang berlebihan. "Menurut kami, dalam situasi ini kita harus tenang, tidak perlu terlalu overreact (bereaksi berlebihan) dan memberikan dampak negatif terhadap perdagangan, investasi dan pergerakan orang," kata Dubes Xiao.

Dubes Xiao juga menjelaskan bahwa hingga kini, belum ada bukti Virus Corona dapat ditularkan melalui barang-barang impor. Hal yang sama pun juga dinyatakan oleh WHO terkait impor dari China.

"Kami pikir bahwa kalau Indonesia benar-benar ambil tindakan itu akan mengakibatkan dampak negatif," katanya menanggapi keputusan yang baru ini dibuat pemerintah.

[bim]

Baca juga:
Cegah Virus Corona, Turis Asing Sempat ke China Ditolak Imigrasi Masuk Indonesia
Singapura Semprot Sejumlah Ruang Publik Untuk Cegah Penyebaran Virus Corona
Video Pemulangan WNI dari Wuhan, Kursi Pesawat Sampai Diplastikin
Delapan Rumah Sakit Sementara akan Dibangun di Wuhan Untuk Tangani Wabah Corona
Ma'ruf Amin Bandingkan Pemulangan WNI Eks Simpatisan ISIS dengan Virus Corona
Ma'ruf Amin Dukung Rencana Setop Impor Hewan dari China
Menko Polhukam Mahfud Dijadwalkan Hadiri Istigasah dan Doa Bersama di Natuna

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini