Menko Luhut Sindir Banyak Proyek Sektor Perikanan Tak Berjalan Optimal

Senin, 9 September 2019 12:35 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menko Luhut Sindir Banyak Proyek Sektor Perikanan Tak Berjalan Optimal Luhut Panjaitan. ©2016 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengakui masih banyak proyek di sektor perikanan yang tidak berjalan optimal. Salah satunya adalah progres pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto di Pantai Glagah, Kabupaten Kulonprogo, DIY yang masih mangkrak.

"Hampir semua proyek pengerjaan di perikanan banyak perencanaanya kurang baik jadi memang perlu di perbaiki supaya bisa bersaing," kata Menko Luhut saat ditemui di DPR RI, Jakarta, Senin (9/9).

Berdasarkan laporan diterima pihaknya, Pelabuhan Tanjung Adikarto sejak 2014 telah banyak menghadapi persoalan. Mulai dari studi kajian pembangunan, hingga penilaian kinerja pengelolaan lingkungan suatu perusahaan yang tidak dalam indikator yang terukur.

"Memang kami terus terang banyak hadapi masalah soal ini banyak studi kurang lengkap pekerja tidak proper sehingga tidak berfungsi dan harus diperbaiki," katanya.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan jika laut di selatan Pulau Jawa memiliki potensi yang sangat besar. Sehingga penyelesaian pembangunan pelabuhan-pelabuhan di selatan Pulau Jawa harus segera dilakukan.

Susi menyampaikan salah satu pelabuhan yang pembangunannya belum rampung adalah Pelabuhan Tanjung Adikarto yang dibangun di Pantai Glagah, Kabupaten Kulonprogo, DIY. Pelabuhan Adikarto yang pembangunannya sudah dilakukan sejak 2011 silam hingga saat ini belum bisa digunakan.

"Soal (pembangunan) pelabuhan di Jawa selatan, kita mesti duduk bareng. Menemukan pemerintah (DIY) Kemenhub dan KKP. Siapa bikin apa siapa membuat apa," ujar Susi di Hotel Inna Garuda, Rabu (1/8). [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini