Menko Luhut Sebut Tanah Longsor Buat Peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung Molor

Rabu, 30 Maret 2022 18:20 Reporter : Merdeka
Menko Luhut Sebut Tanah Longsor Buat Peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung Molor Tinjau Program Citarum Harum, Luhut Puji Ide Ridwan Kamil. ©2022 Merdeka.com/HO-Humas Pemprov Jabar

Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, terus mempercepat penyelesaian proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Pasca selesai, rencananya proyek akan langsung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Presiden China, Xi Jinping.

"Nanti mudah-mudahan pak Presiden Xi Jinping dan pak Presiden Jokowi juga ada di Bali. Beberapa proyek besar kita dengan Tiongkok juga akan kita coba resmikan pakai zoom," kata Menko Luhut dalam kunjungan kerja ke proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Purwakarta, Rabu (30/3).

Secara pengerjaan, Luhut menyebut jadwal penyelesaian proyek molor akibat sejumlah faktor geologis seperti tanah longsor. Sehingga membuat target penyelesaian proyek KCJB mundur dari akhir 2022 menjadi Juni 2023.

"Masih on schedule, tapi mundur gara-gara tanah longsor kemarin karena air," kata Menko Luhut.

2 dari 2 halaman

Percepat Pengerjaan Kereta Cepat

kereta cepat

Namun, dia terus mendorong proyek milik PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) ini bisa dipercepat. Dia pun memproyeksikan, PT KCIC bisa melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung hingga Stasiun Tegalluar di Kabupaten Bandung pada Februari 2023 mendatang.

"Kita coba nanti target, karena ada masalah tanah longsor, jadi ada tertunda 5-6 bulan. Kita musti coba dipepet-pepetin. Kalau bisa 10 bulan dari sekarang sudah trial," ujar Menko Luhut.

Dari hasil pemantauannya di lapangan, dia menganggap pengerjaan proyek sebenarnya sudah cukup menggembirakan. Meskipun ada beberapa masalah di sejumlah titik, seperti pada pengerjaan di tunnel 2 akibat faktor geologis.

"Tapi sejauh ini cukup menggembirakan, dan akan terus berusaha kolaborasi antara tim ahli dari China dan Indonesia," kata Menko Luhut.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Baca juga:
Melihat Tunnel 6 Terpanjang Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang Hampir Selesai
Menko Marves dan Dubes RRT Tinjau Tunnel 6 Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Progres Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Capai 80,31 Persen
Kata KCIC soal Pembengkakan Biaya Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Tukang Las Proyek Kereta Cepat Diimpor dari China, Bappenas: Butuh Teknik Tinggi
Memantau Progres Tunnel Terpanjang Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Menengok Terowongan Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini