Menko Luhut Sebut 30 Perusahaan Asing Tertarik Bangun Ibu Kota Baru di Kalimantan

Rabu, 26 Februari 2020 14:02 Reporter : Merdeka
Menko Luhut Sebut 30 Perusahaan Asing Tertarik Bangun Ibu Kota Baru di Kalimantan Maket Ibu Kota Baru. ©2019 dok. Kemen PUPR

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengklaim bahwa banyak investor asing tertarik membangun Ibu Kota baru di Kalimantan. Hingga saat ini, Luhut sudah menerima 30 perusahaan yang mau menggarap proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) dan seluruhnya berasal dari luar negeri.

"Saya baru dikirimi listnya, 30 perusahaan sudah mau masuk. Banyak investor yang ingin berpartisipasi bangun Ibu Kota Negara (IKN)," ujar Luhut di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (26/2).

Luhut tidak menjelaskan detailnya, namun negara besar seperti Amerika, Jepang hingga Arab turut antre untuk bisa menanamkan modalnya di Indonesia.

"Banyak, Amerika masuk, Jepang masuk, Arab masuk, Singapura masuk," imbuhnya.

Meski enggan menyebutkan nilai investasinya, Luhut menyatakan bahwa perusahaan yang masuk berkonsentrasi di bidang listrik, pompa air dan sebagainya.

Sementara, investor lokal juga tidak ketinggalan mau bantu membangun IKN. Sebut saja perusahaan-perusahaan karya (konstruksi).

"Yang lokal ya karya-karya itu, konstruksi, lalu ada juga di pembangunan yang lain," kata Luhut mengakhiri.

1 dari 1 halaman

Luhut Tak Mau Disetir Dana Asing

mau disetir dana asing rev1

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menegaskan bahwa dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) memang membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Oleh karen itu, pemerintah terus mendorong investor untuk menanamkan modal di Indonesia. Namun, Luhut menegaskan bahwa bukan berarti pendanaan dari negara lain membuat Indonesia tunduk dan dikendalikan semau mereka.

"Ini saya tadi juga bahas tentang struktur pendanaan. Kita mau pendanaan, tapi jangan mau dikendalikan. Kita yang harus kendalikan," papar Luhut dalam Dialog Nasional Merajut Konektivitas di Ibu Kota Negara, Rabu (26/2).

Luhut menyatakan proses pembentukan masterplan pembangunan ibu kota terus berjalan. Investor asing sudah sudah banyak yang ingin masuk.

"Amerika, Jepang, India, Arab, Singapura banyak sekali. Indonesia masih jadi bullish bagi investor, sehingga mereka betul-betul berminat berinvestasi di kita," imbuh Luhut.

Bahkan, menurut Luhut konsep IKN disukai oleh putri Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Ivanka Trump.

"Sepuluh hari yang lalu saya ke White House, saya ketemu Ivanka, mereka sangat tertarik dengan konsep Jokowi soal IKN," ujar Luhut. [idr]

Baca juga:
Luhut soal Pembangunan Ibu Kota Baru: Kita Butuh Dana, Tapi Jangan Mau Dikendalikan
Kelola 3 Bandara di Ibu Kota Baru, Pemerintah Kembali Undang Investor Asing
Status Ibu Kota Dicabut, Jakarta Disarankan Jadi Kota Bisnis dan Riset
Pemerintah akan Serahkan Draf RUU Ibu Kota Baru ke DPR Pekan Depan
Pemerintah Bantah Ibu Kota Baru Terendam Banjir

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini