Menko Luhut Perkuat Kerja Sama dengan China Hadapi Perkembangan Global

Selasa, 8 Juni 2021 11:48 Reporter : Anisyah Al Faqir
Menko Luhut Perkuat Kerja Sama dengan China Hadapi Perkembangan Global Menko Luhut Teken Kerjasama dengan RRT. ©2021 Istimewa

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri acara Tete-a-Tete (pertemuan antara dua orang) bersama State Councilor (Menteri Luar Negeri) Tiongkok, Wang Yi, pada Sabtu (5/6) lalu. Dalam kunjungan kerja tersebut, Luhut melakukan penandatanganan MoU Establishing a High Level Dialogue and Cooperation Mechanism.

Luhut mengatakan kerja sama yang baru saja dilakukan akan memperkuat hubungan Indonesia-RRT yang saling menguntungkan.

"Saya percaya kita dapat terus memperkuat hubungan yang saling menguntungkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kedua negara, baik di masa kini maupun di masa mendatang," ujar Luhut dalam keterangan persnya, Jakarta, Selasa, (8/6).

Acara tersebut secara resmi menandai pembentukan High Level Dialogue and Cooperation Mechanism (HDCM) antar kedua negara. Dalam perjanjian ini, Luhut dan Wang Yi bertindak sebagai Co-Chair HDCM. Melalui pertemuan ini, kedua pihak sepakat untuk memperkuat kerja sama dalam menghadapi perkembangan kondisi global, isu-isu strategis, dan tantangan global. Wang Yi mengatakan pihaknya akan mengedepankan semangat senasib dengan Indonesia.

"Dalam menjalankannya, kami mengedepankan semangat senasib dan kami berharap dapat terbangun kerja sama yang mutual dan lebih baik lagi antara Indonesia dengan RRT," kata Wang Yi.

Dalam pertemuan ini, beberapa topik strategis kedua negara pun dibahas, mulai dari politik dan keamanan, kesehatan, sinergi dan strategi pengembangan proyek kerja sama prioritas, perdagangan dan ekonomi, investasi, serta maritim dan aeronautika. Dilakukan pula beberapa sesi pertemuan tematik dengan pemerintah RRT maupun sektor swasta untuk membahas beberapa program kerja sama dan proyek yang akan dilaksanakan kedua pihak.

Dia menjelaskan, pembentukan Mekanisme Kerja Sama Dialog Tingkat Tinggi Indonesia-China akan memberikan platform untuk dialog yang lebih erat antara departemen pemerintah kedua negara dan memberikan dukungan baru untuk kerja sama yang lebih efektif antara kedua negara. Dia berterima kasih kepada China atas dukungan kuatnya kepada Indonesia dalam memerangi pandemi dan berharap dapat bekerja sama lebih erat dalam penelitian, pengembangan, dan produksi vaksin. Sehingga dapat bersama-sama bermanfaat bagi masyarakat kedua negara dan kawasan.

Selain itu, Luhut mengatakan Indonesia akan siap bekerja sama dengan China dalam mempercepat pembangunan bersama Belt and Road, memperdalam pembangunan Koridor Ekonomi Komprehensif Regional, mendorong penyelesaian kereta cepat Jakarta-Bandung sesuai jadwal. Memperdalam kerjasama di bidang perikanan , perdagangan dan investasi, kesehatan masyarakat, penerbangan, ruang angkasa dan maritim, memperkuat pertukaran budaya dan orang-ke-orang dan mengkonsolidasikan fondasi persahabatan.

Dalam kesempatan yang sama, Luhut mengatakan Indonesia menganut prinsip non-intervensi dalam urusan dalam negeri negara lain. Indonesia siap memperkuat pertukaran agama dengan China untuk membantu masyarakat Indonesia dan masyarakat internasional lebih memahami perkembangan dan kemajuan Xinjiang China. Dia berharap kedua belah pihak akan memperkuat komunikasi dan koordinasi dalam urusan internasional dan regional serta bersama-sama menjaga hak dan kepentingan sah negara-negara berkembang.

Baca Selanjutnya: Menteri Luar Negeri Republik Rakyat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini