Menko Luhut Minta Pejabat Pusat dan Daerah Jadi Teladan Dengan Beli Produk Lokal

Rabu, 1 Juli 2020 17:43 Reporter : Sulaeman
Menko Luhut Minta Pejabat Pusat dan Daerah Jadi Teladan Dengan Beli Produk Lokal luhut pandjaitan. ©2020 Foto: Tebe/Humas Ekonomi

Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, mengimbau pejabat pemerintah baik di pusat ataupun daerah untuk mencintai produk buatan lokal. Caranya dengan membeli dan mengenakan produk dari Industri Kecil Menengah (IKM).

"Ini tiap pejabat saat ini di pusat dan daerah secara nyata jadi role model. Maka, beli produk dalam negeri IKM untuk kebutuhan pribadi," ujarnya dalam diskusi virtual via Zoom, Rabu (1/7).

Menurutnya seluruh pejabat aktif harus mempunyai andil besar dalam pengembangan bisnis IKM, khususnya di tengah pandemi Covid-19. Sehingga produk lokal dapat merajai pasar dalam negeri.

1 dari 1 halaman

Dorong Pengadaan Barang Pemerintah Pakai Produk Lokal

Pemerintah juga terus mendorong pengembangan dan peningkatan produk buatan Indonesia. Salah satunya adalah melibatkan sektor IKM ataupun UMKM dalam belanja barang dan jasa pemerintah.

Menko Luhut memproyeksikan dari belanja kementerian dan lembaga, keuntungan bagi pelaku usaha lokal dapat mencapai Rp700 triliun. Kini pihaknya bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tengah menyiapkan pelaku usaha lokal untuk masuk ke dalam sistem LKPP.

Oleh karena itu, melindungi pelaku usaha lokal menjadi cara untuk memulihkan perekonomian nasional yang tengah terpuruk akibat pandemi ini. "Semua tahu, industri dituntut untuk melakukan inovasi. Terutama dalam rangka untuk memenuhi permintaan dalam negeri," tegasnya.

[bim]

Baca juga:
Wapres Ma'ruf dan Menkop Teten Bahas Solusi Koperasi dan UMKM
Lewat Program Bangga Buatan Indonesia, Pemerintah Bidik 2 Juta UMKM GO Digital
Menaker Ida Tinjau Protokol Kesehatan di Pusat Pengembangan UKM Pulogadung
Strategi Himbara Kelola Dana Pemerintah Rp 30 T Bisa Menjadi Rp 90 T
Survei: 53 Persen Masyarakat Sulit Urus Izin UKM
Menteri Teten Sebut Realisasi KUR Rendah Akibat Terkendala Regulasi
Strategi Pemerintah Dorong 10 Juta UMKM Go Digital

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini