Menko Luhut Kagum China Copot Pejabat Pelanggar Protokol Kesehatan

Kamis, 10 Juni 2021 11:41 Reporter : Anisyah Al Faqir
Menko Luhut Kagum China Copot Pejabat Pelanggar Protokol Kesehatan Menko Luhut Teken Kerjasama dengan RRT. ©2021 Istimewa

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan baru saja tiba di Indonesia usai kunjungan kerja di Guanji, China. Dia mengaku saat ini tengah menjalani karantina mandiri di sebuah tempat sebagai bentuk taat pada protokol kesehatan karena baru saja kembali dari luar negeri.

"Maaf saya sedang karantina, baru kembali dari China tadi malam dan harus patuh sama protokol kesehatan," ungkap Menko Luhut dalam Webinar Optimalkan Angkutan Barang dengan Tol Laut, Jakarta, Kamis (10/6).

Dalam pertemuan tersebut, Menko Luhut menceritakan pengalamannya selama 4 hari berada di China untuk melakukan penandatanganan MoU High Level Dialogue and Cooperation Mechanism dengan Menteri Luar Negeri RRT, Wang Yi.

Selama berada di sana, Menko Luhut menilai orang-orang di China sangat disiplin. Semua peserta baik tamu undangan maupun pejabat negara dilarang keluar dari area hotel dan resort.

"Kami selama 4 hari itu tidak boleh ada yang keluar hotel atau area resort. Semua dicek baik pejabat atau bukan," kata dia.

Bila ada yang melanggar aturan tersebut, kata Menko Luhut akan segera diganti tanpa diberikan peringatan sebelumnya. Hal ini pun berlaku bagi para pejabat negara China sekalipun.

"Pejabat yang melanggar itu diganti tanpa ada peringatan. Nah ini national interest," ungkap dia.

2 dari 2 halaman

Minta Indonesia Sontek China

sontek china rev1

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Indonesia harus mencontoh penanganan pandemi Covid-19 di China. Menurutnya, berkat tingkat disiplin masyarakat yang tinggi, pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) mampu mengendalikan penyebaran virus dengan baik.

"China itu penduduknya 1,4 miliar ini super disiplin jadi mereka bisa kelola Covid-19 dan kita harus contoh itu," kata Menko Luhut dalam Webinar Optimalkan Angkutan Barang dengan Tol Laut, Jakarta, Kamis (10/6).

Menko Luhut pun menyinggung peningkatan kasus terkonfimasi Covid-19 yang dalam beberapa hari kembali meningkat. Data terkini hingga tanggal 9 Juni 2021 tercatat sudah ada 7.725 penambahan kasus baru di 34 provinsi.

"Kemarin ada hampir 8 ribu kasus infeksi yang baru," kata dia.

Di sisi lain, kata Menko Luhut, upaya vaksinasi yang dilakukan pemerintah juga menunjukkan peningkatan. Saat ini tercatat sudah ada sekitar 600.000 vaksin yang disuntikkan ke masyarakat dalam satu hari.

Dia pun meminta agar Menteri Kesehatan , Budi Gunadi Sadikin bisa meningkatkan proses vaksinasi hingga 750.000 dosis per hari hingga akhir bulan. Lalu meningkat lagi menjadi 1 juta dosis per hari pada bulan Juli mendatang.

"Tadi saya bicara dengan Menteri Kesehatan Pak Budi agar mulai hari ini sudah bisa 750.000 (yang divaksin) per hari dan 1 juta per hari, bulan depan," kata dia.

Dia meminta semua pihak bisa bekerja sama dengan menggunakan hati karena masalah Covid-19 ini menyangkut kemanusiaan.

"Kita semua ini tidak bisa sendiri karena masalah covid ini mengangkut nyawa, kemanusiaan jadi jangan main-main sama ini," kata dia mengakhiri.

[bim]

Baca juga:
Berwisata Sambil Menjalankan Protokol Kesehatan Tak Kurangi Kesenangan
Tim Cipta Kondisi Bubarkan Kerumunan Ojol Antre BTS Meal di McDonald's Solo
Polisi akan Panggil Pengelola McD Jakarta Akibat Kerumunan Antre Beli BTS Meal
Satgas Raika Makassar Bubarkan Kerumunan Ojol Antre BTS Meal McDonald's
Tak Sabar Tunggu Antrean Promo BTS Meal, Ojol Ricuh di Gerai McD Duren Sawit

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini