Menko Luhut Jamin Pasokan Pangan Hingga BBM Tetap Aman Saat Wabah Corona

Kamis, 26 Maret 2020 14:01 Reporter : Sulaeman
Menko Luhut Jamin Pasokan Pangan Hingga BBM Tetap Aman Saat Wabah Corona Luhut Panjaitan. ©2016 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan memastikan bahwa sejumlah stok logistik masih aman. Untuk itu masyarakat diminta tetap tenang dalam menyikapi pandemi virus Covid-19 di wilayah Indonesia.

"Jadi, kalau beras atau sembako saya kira tidak ada masalah," kata Luhut dikutip akun instagram Kemenkomarves, ditulis Kamis (26/3).

Menurutnya, keamanan stok logistik merupakan prioritas utama bagi pemerintah, terlebih lagi saat wabah Covid-19 melanda berbagai daerah. Apalagi pada bulan April akan memasuki musim panen padi, sehingga stok beras akan bertambah.

Selain itu, dia menjamin pasokan listrik dan Bahan Bakar Minyak (BBM) masih aman terkendali dalam memenuhi kebutuhan pasar domestik. Karena beruntung Indonesia masih dianugrahi Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) yang memadai di tengah ancaman wabah covid-19.

"Kemarin sudah ketemu menteri ESDM (Arifin Tasrif, masih aman," tandasnya.

1 dari 1 halaman

Sebelumnya, Kepala Satgas Pangan Polri Brigjen Daniel Tahi Monang menyampaikan, surat pengawasan ketersediaan bahan pokok itu dikirimkan ke sejumlah pihak terkait. Seperti Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Pusat Koperasi Pedagang Pasar (Puskoppas), (Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia) APPSI, Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI), dan Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkopas).

"Tadi malam kita keluarkan itu (surat) agar juga tidak ada yang memanfaatkan situasi," tutur Daniel saat dikonfirmasi, Selasa (17/3).

Menurut Daniel, beberapa komoditas dibatasi pembeliannya untuk pribadi. Seperti beras maksimal 10 kilogram, gula maksimal 2 kilogram, minyak goreng maksimal 4 liter, dan mie instan maksimal 2 dus.

"Ya itu kan teori ekonomi. Makin meningkat (permintaan), makin mahal harganya. Oleh karena itu rakyat makanya tidak usah panik, biasa saja. Tidak usah borong-borong. Biasa saja, kan pangan tersedia," jelas dia.

Daniel menyatakan akan tegas menindak pihak yang melakukan pelanggaran pidana, seperti menimbun demi menaikkan keuntungan. Namun sejauh ini belum ditemukan kasus terkait permainan harga bahan pokok.

"Tidak ada, kalau ada kita tindak," kata Daniel. [azz]

Baca juga:
Upaya Pemerintah Jaga Stabilisasi Harga Pangan Pokok di Tengah Virus Corona
Jokowi Sebut Stok Pangan RI Berlebih Hadapi Pandemi Virus Corona
Pembatasan Pembelian 4 Bahan Pangan Dinilai Efektif
Mendag Akan Tingkat Stok Pangan, Antisipasi Jika Lockdown
Kemendag Gandeng Pengusaha Sosialisasi Pembatasan Pembelian 4 Bahan Pokok
Stok Gula dan Bawang Bombai Langka, Pemerintah Diingatkan Jaga Pasokan Bahan Pangan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini