Menko Luhut Dorong UMKM Manfaatkan Program PEN Selamatkan Usaha di Tengah Pandemi

Kamis, 9 Juli 2020 13:50 Reporter : Merdeka
Menko Luhut Dorong UMKM Manfaatkan Program PEN Selamatkan Usaha di Tengah Pandemi Luhut Panjaitan. ©2017 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan mengakui pemanfaatan internet oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) masih sangat rendah. Dari data yang disebut Luhut, baru 3,56 persen UMKM yang memanfaatkan teknologi tersebut.

"Kami ambil provinsi jadi NTB ini rendah pemanfaatan internetnya, saya pikir perlu nanti kita lihat di 2018 terdapat 96 ribuan unit usaha mikro kecil di provinsi NTB, dengan konsentrasi terbesar itu ada di kabupaten Lombok Tengah 35,14 ribu unit usaha," kata Luhut dalam webinar, Kamis (9/7).

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik, masalah utama selain penggunaan internet yang dihadapi oleh pelaku UMKM saat ini adalah aspek permodalan 62,54 persen, dan pemasaran 15,75 persen.

Oleh karena itu, Luhut mengatakan disaat pandemi banyak peluang yang seharusnya bisa dimanfaatkan oleh UMKM, untuk mengikuti pelatihan-pelatihan secara online, yang diadakan baik oleh pemerintah yang bekerja sama dengan berbagai platform digital, seperti Blibli, Gojek, Tokopedia, dan DANA.

"Saya kira bisa dimanfaatkan oleh gubernur NTB untuk men-training masyarakatnya karena UMKM adalah backbone ekonomi kita, jadi menurut saya, itu sebabnya program ini kita buat kemarin kita sudah launching program bantuan dari pemerintah untuk UMKM," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Manfaatkan Bantuan Pemerintah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini