Menko Luhut Beri Sinyal Vaksinasi Covid-19 Batal Dilakukan Bulan November

Jumat, 23 Oktober 2020 19:24 Reporter : Anisyah Al Faqir
Menko Luhut Beri Sinyal Vaksinasi Covid-19 Batal Dilakukan Bulan November Luhut Panjaitan. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa vaksin Covid-19 kemungkinan tidak bisa masuk ke Indonesia karena belum mendapatkan izin penggunaan darurat yang dikeluarkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Rencana awal, vaksin akan tiba di Indonesia di pekan kedua November 2020.

"Rencana (vaksin masuk) minggu kedua November bisa saja tidak tercapai bukan karena barangnya. Barangnya siap tapi adalah emergency used authorization (EUA) belum bisa dikeluarkan BPOM," kata Luhut dalam seminar di Lembaga Ketahanan Nasional, Jakarta, Jumat (23/10).

Luhut bercerita, semula dia ingin vaksin ini segera disuntikan di Indonesia bulan depan. Hanya saja, dia mendapat telepon dari Presiden Joko Widodo yang mengingatkan agar keamanan menjadi perhatian utama dalam vaksinasi.

"Itu presiden saya lihat, tidak mau lari dari situ. Beliau mengatakan keamanan nomor satu," ungkap Luhut.

Luhut mengaku belum bisa memastikan waktu vaksinasi Covid-19 bisa dilakukan. Sebab saat ini masih menunggu Badan POM yang melakukan proses izin EUA.

Luhut mengaku telah berkoordinasi dengan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) untuk membahas masalah ini. Para profesor tersebut sepakat akan hal tersebut sehingga pemerintah tetap akan menunggu izin dari Badan POM keluar.

"Profesor-profesor itu mereka sama bahasanya. Jadi saya kira pemerintah sangat menghormati mengenai aturan tadi," kata Luhut. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini